Timnas Indonesia

Gillingham FC dan Ipswich Town Masih Bungkam Terkait Pemanggilan Elkan Baggott



NOBARTV NEWS – Beberapa hari usai Shin Tae-yong mengunjungi markas Gillingham, klub yang bermarkas di Stadion Priestfield itu belum juga memberikan kepastian terkait boleh tidaknya Elkan Baggott membela . Bukan hanya Gillingham, klub utama Elkan yakni Ipswich Town juga diam seribu bahasa.

Diketahui, beberapa waktu lalu, STY terbang ke Inggris guna bertemu dengan manajemen Gillingham FC. Padahal, ia baru saja membersamai Timnas U-20 di Spanyol dalam rangka pemusatan latihan dan uji coba.

Maksud kedatangan pelatih Timnas Indonesia itu adalah untuk melobi manajemen The Gills agar memberikan izin kepada Elkan pulang ke Indonesia dan turut serta di even 2022. Tidak hanya kepada klub Elkan, STY juga terbang ke Belgia untuk bertemu dengan klub Sandy Walsh KV Mechelen. Hanya saja, Sandy sudah mendapatkan izin – bahkan telah bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali.

Sebetulnya, Gillingham melalui sang manajer yakni Neil Harris sudah memberikan sinyal. Ia mengatakan bahwa di saat Piala AFF 2022 berlangsung, Gillingham sedang melangsungkan pertandingan penting. Di masa-masa itu, Gillingham sedang menjalani jadwal yang cukup padat.

“Elkan adalah pemain kami, jika dia dipanggil oleh tim nasionalnya maka diskusi seharusnya dilakukan dengan Ipswich Town, sebagai klub induknya, dan kami sangat menghormati itu,” jelas Neil Harris usai pertemuan dengan Shin Tae-yong.

“Kami mengetahui turnamen di Asia Tenggara selama periode Natal dan Tahun Baru. Ipswich akan berdiskusi bersama Elkan nantinya, tetapi (tidak menjamin) jika pada akhirnya klub tidak melepas pemain,” jelasnya lagi.

Akan tetapi, ucapan Neil Harris itu tidak mewakili pihak klub. Klub dalam hal ini Gillingham FC – dan juga Ipswich Town selaku klub utama Elkan belum memberikan komentarnya.

Hal itu diutarakan oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi kemarin.

“Untuk saat ini kan baru pernyataan. Kami sudah menyampaikan ke klubnya (Elkan Baggott) untuk main di Piala AFF, sampai sekarang belum dijawab. Sampai sekarang belum ada kepastian,” jelas Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Namun demikian, berdasarkan rilis dari media setempat, Kent Online, Baggott akan diizinkan pulang ke Indonesia jika skuad Shin Tae-yong lolos ke babak semifinal atau final. Dengan demikian, Baggott disebut akan absen di seluruh laga fase grup Piala AFF 2022 ketika jumpa Timnas Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

“Bek tengah Blues, Elkan, yang dipinjamkan ke Gillingham untuk musim ini, tidak akan bergabung dengan skuat Indonesia untuk babak grup Piala AFF tetapi dapat bergabung dengan mereka saat di semifinal di turnamen,” tulis media online Inggris TWTD.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid