Timnas Indonesia

Garuda Muda Masuk Pot 2 Undian Piala Asia U-20 2023, Dipastikan Tidak Segrup dengan Jepang & Australia!



NOBARTV NEWS – Garuda muda dipastikan berada di pot 2 undian Piala Asia U-20 2023. Kepastian itu didapatkan setelah di edisi sebelumnya ( U-20 2018), Indonesia berhasil mencapai babak 8 besar. Selain Indonesia, dua tim kuat Australia dan Jepang juga berada di pot yang sama.

Menjelang Piala Asia U-20 2023, PSSI dan sudah melakukan serangkaian persiapan yang cukup matang. Meski event tersebut masih jauh dari jadwal, namun PSSI telah mengirim Marselino Ferdinan dkk untuk menimba ilmu di Eropa.

Menimba ilmu dalam artian pemusatan latihan ini diikuti oleh 34 punggawa Garuda muda. Sang pelatih Shin Tae-yong turut menemani mereka. Di Eropa, skuad Garuda muda akan mengikuti pemusatan latihan dan melakoni beberapa laga uji coba. Turki dan Spanyol akan jadi dua destinasi pemusatan latihan tersebut.

Sejujurnya, pemusatan latihan kali ini tidak hanya dipersiapkan untuk berlaga di Piala Asia U-20 saja. Namun pemusatan latihan ini juga dipersiapkan jelang 2023. Piala Asia U-20 akan dihelat di Uzbekistan, dan tak lama kemudian akan dihelat Piala Dunia U-20 yang di mana Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

Di Piala Asia U-20 2018 kemarin, Timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Di ajang tersebut, Garuda muda sukses lolos dari fase grup hingga babak delapan besar. Namun sayang, di babak gugur, Garuda muda takluk atas tim kuat Jepang 2-0. Saat itu, PSSI menunjuk Stadion Gelora Bung Tomo Jakarta, Stadion Pakansari Bogor, dan Stadion Patriot Chandrabhaga Bekasi sebagai venue Piala Asia U-20 2018.

Di event tersebut, Timnas Indonesia U-20 tergabung di pot 1 karena statusnya sebagai tuan rumah. Garuda mudah tergabung di pot 1 dengan tim muda Vietnam, Arab Saudi, dan Jepang. Status tuan rumah tersebut membawa Timnas U-20 tergabung di grup A bersama Timnas Qatar, Uni Emirat Arab, dan China Taipei.

Selama bermain di fase grup, Timnas Indonesia sukses mendulang 6 poin berkat dua kali kemenangan masing-masing atas China Taipei (3-1) dan Uni Emirat Arab (1-0). Garuda muda hanya kalah satu kali atas sang pemuncak klasemen Qatar (6-5).

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Finis di posisi kedua, Garuda muda berhak lolos ke babak delapan besar dan berhadapan dengan Timnas Jepang. Lolos hingga babak tersebut, Indonesia pada akhirnya masuk ke pot 2 di edisi berikutnya atau Piala Asia U-20 2023.

Dan di edisi kali ini, Timnas Indonesia satu pot dengan Timnas Jepang, Tajikistan, dan Australia. Keempat tim yang masuk pot 2 ini di edisi sebelumnya (Piala Asia U-20 2018) sama-sama lolos hingga delapan besar.

Akan tetapi, hal yang amat disayangkan adalah Timnas Thailand yang di edisi sebelumnya juga lolos ke delapan besar namun tidak turut dalam ajang tahun ini. Thailand gagal melangkah ke Uzbekistan karena gagal menjadi salah satu runner-up terbaik di grupnya. Dengan demikian, hanya Indonesia dan Vietnam lah yang mewakili Asia Tenggara atau AFF di kompetisi ini.

Berikut pembagian pot undian Piala Asia U-20 2023:

  • Pot 1: Uzbekistan, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Qatar.
  • Pot 2: Indonesia, Tajikistan, Jepang, dan Australia.
  • Pot 3: Yordania, China, Irak, dan Vietnam.
  • Pot 4: Iran, Oman, Suriah, dan Kirgizstan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments