Timnas Indonesia

Tugasnya di SEA Games 2023 Diambil Alih Indra Sjafri, Begini Respon STY

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pada rapat Ketua Umum dan Exco PSSI akhir Januari kemarin, telah diputuskan bahwa mereka menunjuk Indra Sjafri sebagai pengganti STY di SEA Games 2023 ini. Kemarin, Shin Tae-yong mengomentari keputusan PSSI tersebut.

Diketahui, di tahun 2023 ini, Shin Tae-yong akan sangat disibukkan dengan berbagai even internasional . Saat ini saja, ia sedang menyelenggarakan training center untuk Garuda muda – karena di awal bulan Maret mendatang, Timnas Indonesia U-20 akan tampil di Piala Asia U-20 2023. Selain even tersebut, Timnas Indonesia juga akan melakoni FIFA Matchday pada bulan tersebut. Dilansir dari laman resmi FIFA, FIFA Matchday pada bulan Maret mendatang akan digelar dalam rentang tanggal 20-28 Maret 2023.

Pada bulan Mei tepatnya tanggal 5-17, Timnas Indonesia U-23 akan melakoni SEA Games 2023 di Kamboja. Tiga hari sesudah SEA Games tersebut, Garuda muda (Timnas U-20) sudah harus bermain di – yang dihelat di Indonesia. Maka daripada itu, Shin terpaksa harus digantikan di even SEA Games 2023 itu.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Mengingat semakin dekatnya pelaksanaan SEA Games di Kamboja, PSSI perlu mengambil langkah untuk menunjuk pelatih yang akan bertanggung jawab pada event tersebut,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi terkait dipilihnya nama Indra Sjafri.

“Hal ini tentu sejalan dengan program Kemenpora dan KOI tentang persiapan cabang olahraga (cabor) untuk prestasi yang segera dilaksanakan,” tambahnya kemudian.

Dan kemarin, di sela pemusatan latihan bersama anak asuhnya, Shin Tae-yong akhirnya memberikan komentarnya terkait dipilihnya nama Indra Sjafri tersebut. Saat ini, Indra berstatus sebagai Direktur Teknik PSSI.

“Saya tidak bisa berikan jawaban 100 persen, saya sudah bekerja secara lama dengan Coach Indra, harusnya tidak ada masalah, komunikasi baik sampai sekarang,” kata Shin Tae-yong.

“Memang karena bentrok U-23 dan U-20, tetapi fokus kami, adalah U-20 saat ini, coach Indra jadi pelatih U-23 tidak masalah,” ujarnya memungkasi.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Menariknya, Shin Tae-yong dan Indra Sjafri sudah pernah membersamai Timnas Indonesia U-23 di SEA Games edisi sebelumnya. Pada tahun 2019 lalu, Indra Sjafri merupakan nakhoda Timnas U-23 di SEA Games Filipina. Saat itu Shin Tae-yong belum datang ke Indonesia.

Adapun STY, ia merupakan pelatih Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 di Vietnam.

Prestasi yang diraih oleh dua pelatih ini sedikit berbeda. Indra lebih unggul dari STY karena di SEA Games 2019 waktu itu, Timnas Indonesia menempati posisi runner-up setelah kalah di partai final atas Timnas Vietnam. Adapun di SEA Games 2021 di Vietnam, anak asuh Shin Tae-yong menempati posisi ketiga karena kalah dari Thailand di partai semifinal namun menang atas Malaysia di perebutan tempat ketiga tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments