Timnas Indonesia

STY Sebut 70 Persen Kekuatan Utama Timnya Hilang di Piala AFF U-23 2023



NOBARTV NEWS – Pelatih U-23 Shin Tae-yong menyebut kekuatan utama timnya di U-23 hilang sebanyak 70 persen.

Seperti yang diketahui, saat ini, skuad Garuda muda tengah berada di Thailand. Di sana, mereka sedang mengikuti even bertajuk Piala AFF U-23 2023. Kebetulan, skuad Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam grup B bersama Timnas Malaysia U-23 dan Timnas Timor Leste U-23.

Dari ketiga tim yang tergabung dalam grup B tersebut, skuad Garuda menjadi satu-satunya tim yang sudah memainkan seluruh pertandingannya. Ramadhan Sananta dkk sudah berjumpa Timnas Malaysia U-23 – juga telah bertemu dengan skuad Timor Leste U-23.

Di laga perdananya melawan Harimau Malaya Muda, Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan dengan skor tipis 1-2. Sempat unggul lebih dulu lewat kaki Ramadhan Sananta, gawang Ernando Ari dibobol dua kali oleh Fergus Tierney di babak kedua. Alhasil, skuad Garuda menutup pertandingan dengan kekalahan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Adapun di pertandingan keduanya kontra Timnas Timor-Leste U-23, skuad Garuda akhirnya memenangkan pertandingan. Tapi, dari sekian banyaknya peluang yang didapatkan, skuad Garuda hanya mampu membuat satu gol saja. Padahal, andaikata skuad Timnas Indonesia U-23 bisa memanfaatkan beberapa peluang emas, mungkin lima biji gol lain bisa bersarang ke gawang negara tetangga tersebut.

Dan jika skuad Timnas Indonesia U-23 bisa menang besar atas Timor Leste U-23, maka anak asuh Shin Tae-yong itu tak akan berharap banyak dari pertandingan lainnya untuk meloloskan diri ke babak semifinal Piala AFF U-23 2023. Namun sayang, karena kemenangan tipis itu, kini nasib skuad Garuda belum bisa dipastikan – apakah akan tersingkir dari even tersebut atau berhasil meloloskan diri. Dua peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke fase berikutnya adalah dengan berharap skuad Timnas Malaysia U-23 menang atas Timor Leste U-23 dan Timnas Filipina U-23 ditumbangkan oleh Timnas Vietnam U-23.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Kata Shin Tae-yong, start buruk skuad Garuda di even ini tak lepas dari skuad utama yang bisa dibawanya. Dari persiapan matang yang sudah dilakukannya, Shin mengaku kehilangan 70 persen skuad utamanya. Ya, sebelum skuad Garuda muda berangkat ke Thailand, STY telah menyiapkan beberapa pemain andalannya untuk berlaga. Sayangnya, hanya 30 persen dari kekuatan terbaiknya itu yang bisa ia bawa.

“Jujur saja, sampai 70 persen pemain yang saya masukkan ke dalam daftar tim U23 tidak bisa mengikuti turnamen AFF U23 ini. Liga Indonesia sedang berjalan, jadi klub berhak mempertahankan pemain mereka. Karena itu, rencana saya harus banyak berubah,” kata Shin Tae-yong.

“Dengan situasi saat ini, setiap pertandingan menjadi tanda tanya. Performa para pemain bisa meningkat atau turun secara tiba-tiba,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment