Timnas Indonesia

Pelatih Persib Luis Milla Bangga 3 Anak Asuhnya Dipanggil TC Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS – Tiga punggawa Maung Bandung (julukan Persib Bandung) dipanggil dalam TC jelang 2022. Ketiga pemain tersebut adalah Marc Anthony Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto. Dipanggilnya ketiga pemain andalannya itu membuat sang pelatih Luis Milla bangga.

Terpilihnya ketiga nama tersebut bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Salah dua di antaranya memang sudah menjadi andalan Shin Tae-yong sejak mereka berlaga di Piala AFF 2020. Akan tetapi, saat itu Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto masih berstatus sebagai pemain Persebaya Surabaya. Sedangkan Marc Klok belum bisa memperkuat Timnas Indonesia (Piala AFF 2020) karena proses naturalisasi sang pemain belum rampung.

Namun seiring berjalannya waktu, ketiganya menjadi tulang punggung Timnas Indonesia ketika kemarin. Tergabung di grup A, skuad Garuda Indonesia finis di posisi kedua klasemen akhir. Meski berada di bawah Yordania (juara grup), namun Marc Klok dkk berhak melaju ke Piala Asia 2023 berkat statusnya sebagai runner-up terbaik di babak kualifikasi tersebut.

Bahkan, Klok turut mencetak satu gol ketika melawan Timnas Kuwait di babak kualifikasi tersebut. Dan menariknya lagi, Klok mencetak satu gol lewat titik putih setelah Rachmat Irianto dilanggar oleh sang kiper.

Dan kini, ke-tiganya kembali mendapatkan kepercayaan. Hal itupun membuat Luis Milla selaku pelatih Persib Bandung dan juga eks pelatih Timnas Indonesia itu bangga. Namun dari kalimat bangga yang ia ucapkan, terselip sedikit rasa tak nyaman karena Timnas Indonesia akan menggunakan pemainnya dalam waktu yang cukup lama.

“Ini merupakan kabar yang membanggakan karena ada pemain yang terpilih masuk tim nasional. Memang menurut saya agak terlalu lama tapi pelatih Timnas Indonesia membutuhkannya,” terang Luis Milla kemarin.

“Namun ini bukan keputusan saya. Dan sekali lagi kami bangga ada pemain kami yang terpanggil ke timnas,” lanjut eks pemain Real Madrid itu.

Tidak hanya untuk Timnas senior, Persib juga menyumbangkan tiga pemainnya dalam TC Garuda muda di Eropa. Direncanakan, TC Garuda muda akan berakhir pada hari ini dan esok, 25 November 2022 mereka sudah kembali ke tanah air. Tiga punggawa muda Maung Bandung yang kini masih bersama STY adalah Kakang Rudianto, Robi Darwis, dan Ferdiansyah.

“Tentu saja untuk pemain di timnas junior mereka mengikuti pemusatan latihan dalam waktu yang lama. Dalam hal ini, mereka mengikuti pemusatan latihan selama dua bulan.”

“Tapi saya tidak bisa berbuat apapun dan keputusan bukan dari saya, itu keputusan tim nasional dan federasi dari negara ini. Saya hanya bisa bekerja dan mempersiapkan Persib untuk performa lebih baik,” kata Milla lagi.

Jika nantinya ketiga pemain tersebut yakni Klok, Kambuaya, dan Irianto belum kembali ke klub di saat telah dilanjutkan, Milla akan banyak memasang pemain yang minim menit bermain sejak ia menggantikan posisi Robert Rene Alberts di Persib Bandung.

“Kami akan memainkan pemain lain yang di awal kedatangan saya kurang mendapat kesempatan. Seperti Jupe, Aziz, Dedi dan Frets, mereka berlatih dengan bagus. Bagi saya itu lebih penting untuk tim,” tutupnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

30 Comments