Timnas Indonesia

Soal Penundaan Sementara Liga 1, Media Vietnam sebut PSSI Belajar dari V League



NOBARTV.CO.ID PSSI dinilai tiru V League, Kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia atau Liga 1 resmi ditunda untuk sementara waktu. Penundaan ini dilakukan demi memberikan keleluasaan kepada para pemain lokal untuk bergabung dengan U-23. Langkah penundaan ini, kata media Vietnam adalah cara PSSI belajar dari V League.

Seperti yang diketahui, Liga 1 musim 2023-2024 resmi ditunda setelah PSSI mengajukan permohonan kepada PT LIB selaku operator untuk kompetisi tersebut. Penundaan ini dilakukan demi melancarkan izin kepada para pemain untuk meninggalkan klub di tengah persiapan Timnas Indonesia U-23 di ajang 2024.

Jadi, di waktu dekat ini, skuad Garuda muda akan tampil di even bergengsi Piala Asia U-23 2024. Dalam even ini, anak asuh Shin Tae-yong itu berstatus sebagai tim debutan. Jadi, sepanjang sejarah, skuad Garuda tak pernah sekalipun tampil kecuali pada edisi kali ini.

Mengingat even ini begitu penting bagi PSSI dan kemajuan Timnas Indonesia U-23 sendiri, maka setelah dilakukan rapat, diputuskanlah bahwa Liga 1 ditunda sementara waktu. Penundaan ini berlaku sejak Senin 1 April kemarin hingga berakhirnya kiprah Garuda muda di even tersebut.

Tapi sayangnya, penundaan ini ternyata juga menimbulkan berbagai protes dari klub-klub Liga 1. Persis Solo, PSIS Semarang, hingga Borneo FC adalah tiga di antara klub yang mengaku keberatan dengan ditundanya Liga 1. Jadi, penundaan ini ternyata tidak membuat semua pihak puas. Jika kompetisi tetap dilanjutkan, maka PSSI akan kesulitan memanggil pemain karena akan terhalang izin klub. Dan bila kompetisi dihentikan seperti yang sedang terjadi, maka klub akan merugi kendati pemain mudah untuk dipanggil.

Soal Penundaan Sementara Liga 1, Media Vietnam sebut PSSI Belajar dari V League
Salah satu pemain Persija Jakarta yang dipanggil untuk Timnas Indonesia Muhamad Ferrari (sumber: IG @timnas.indonesia)

Terlepas dari pro dan kontra terkait penundaan kompetisi ini, sebuah media asal Vietnam mengklaim kalau cara PSSI (menunda Liga) ini sudah pernah dilakukan di ajang V League. Media tersebut menyebut PSSI belajar dari Vietnam dalam mengatasi persoalan terkait pemanggilan pemain ke tim nasional.

“Kompetisi sepak bola Indonesia “belajar” dari V-League, menghentikan pertandingan karena Piala Asia U-23 2024,” tulis media Vietnam Soha di judul artikelnya.

Dalam even Piala Asia U-23 ini sendiri, skuad Garuda muda tergabung dalam grup A bersama tuan rumah Qatar U-23, Australia U-23, dan Yordania U-23. Dan sejak Senin lalu, para pemain sudah menggelar pemusatan latihan di negara timur tengah Uni Emirat Arab.

Tak sekadar pemusatan latihan saja, namun Marselino Ferdinan dkk dijadwalkan akan melakukan dua laga uji coba sebelum duel di Piala Asia U-23 nanti. Dua uji coba tersebut akan digelar di Uni Emirat Arab dengan melawan tuan rumah UEA U-23 dan Timnas Arab Saudi U-23.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *