Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Terbanyak ke-dua! Berikut Daftar Pemain Naturalisasi ASEAN di Piala Asia 2023



NOBARTV NEWS – Puluhan pemain naturalisasi bakal turut serta di ajang Piala Asia 2023. Beberapa di antara pemain naturalisasi tersebut memperkuat – bahkan skuad Garuda jadi tim kedua terbanyak di ASEAN yang menggunakan jasa pemain keturunan.

Seperti yang diketahui, Piala Asia 2023 sudah berada di depan mata. Tak lebih dari 10 hari lagi, even sepak bola tertinggi di benua Asia ini akan digelar di negara timur tengah Qatar. Di even tersebut, skuad Garuda tergabung dalam grup D bersama Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Jepang.

Untuk mengarungi even tersebut, sejak Desember 2023 kemarin hingga saat ini, anak asuh Shin Tae-yong itu sudah menggelar berbagai persiapan. Persiapan pertama dengan menggelar pemusatan latihan yang terpusat di kota Antalya Turki. Selain itu, mereka juga dipersiapkan dengan melakoni beberapa laga uji coba.

Tercatat, Ivar Jenner dkk bakal melakoni tiga laga uji coba. Uji coba pertama dan kedua sudah digelar beberapa waktu lalu dengan melawan tim yang sama yakni Timnas Libya. Sayangnya, dalam dua uji coba itu, skuad Garuda selalu dikalahkan. Dalam pertemuan pertama mereka takluk dengan skor telak 4-0 sedangkan di pertemuan kedua tumbang dengan skor akhir 2-1.

Baca Juga:  Laga Uji Coba Indonesia vs Tanzania Disiarkan Langsung dan Boleh Dihadiri Penonton

Berikutnya, anak asuh Shin Tae-yong itu bakal melakoni uji coba akhir dengan melawan Timnas Iran. Iran sendiri merupakan salah satu kontestan yang turut serta di even Piala Asia ini. Berhubung kedua tim sudah tiba di Qatar, maka uji coba terakhir ini bisa dipastikan akan digelar di negara tuan rumah Piala Asia 2023 tersebut.

Selain persiapan dengan menggelar pemusatan latihan serta melakoni uji coba, satu hal yang sudah dipersiapkan dengan matang oleh PSSI adalah dengan menaturalisasi beberapa pemain. Ya, tak bisa dipungkiri, pemain-pemain keturunan yang dinaturalisasi PSSI salah satunya adalah bertujuan untuk membentuk tim yang baik. Tim yang baik itu dimainkan dalam berbagai even sepakbola – yang salah satunya adalah di ajang Piala Asia 2023 ini.

Tercatat, Timnas Indonesia menjadi tim asal ASEAN kedua yang paling banyak menggunakan pemain naturalisasi. Shin Tae-yong selaku pelatih memasukkan 7 nama pemain naturalisasi ke dalam skuad yang dibawanya ke Qatar. Sementara Malaysia, Kim Pan-gon memboyong 14 nama. Thailand cuma membawa dua pemain naturalisasinya dan Vietnam dengan satu nama saja.

Baca Juga:  Daftar Manajer Timnas Indonesia di Berbagai Kelompok Umur

Timnas Indonesia Terbanyak ke-dua! Berikut Daftar Pemain Naturalisasi ASEAN di Piala Asia 2023
Salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia Justin Hubner

Berikut daftar lengkap pemain naturalisasi asal ASEAN di Piala Asia 2023:

Malaysia

  1. Endrick dos Santos
  2. Mohamadou Sumareh
  3. Romel Morales
  4. Matthew Davies
  5. Daniel Ting
  6. Dominic Tan
  7. Junior Eldstal
  8. Dion Cools
  9. La'Vere Corbin-Ong
  10. Stuart Wilkin
  11. Paulo Josue
  12. Brendan Gan
  13. Natxo Insa
  14. Darren Lok

Indonesia

  1. Jordi Amat
  2. Justin Hubner
  3. Sandy Walsh
  4. Shayne Pattynama
  5. Rafael Struick
  6. Ivar Jenner
  7. Marc Klok

Thailand

  1. Elias Dolah
  2. Nicholas Mickelson

Vietnam

  1. Filip Nguyen

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid