Timnas Indonesia

Indra Sjafri Fokus ke Timnas U-23, Erick Thohir Cari Dirtek PSSI Baru

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri akan difokuskan untuk menukangi U-23. Oleh sebab itu, Erick Thohir akan mencari penggantinya sebagai Dirtek PSSI.

Sebagaimana diketahui, Indra Sjafri akhirnya resmi memulangkan medali emas SEA Games setelah 32 tahun lamanya. Terakhir kali skuad Garuda meraih medali emas SEA Games adalah pada tahun 1991 lalu. Saat itu, Timnas Indonesia bermain di partai final melawan Timnas Thailand. Dan kini, setelah 32 tahun berjalan, medali emas untuk cabang olahraga sepak bola itu akhirnya kembali ke pangkuan bumi pertiwi.

Menariknya, medali emas cabor sepakbola putra SEA Games 2023 diraih atas Timnas Thailand – yang di mana merupakan lawan mereka (Timnas Indonesia) di partai puncak SEA Games 1991 dulu. Sejatinya, skuad Garuda beberapa kali hampir menjadi juara SEA Games untuk cabang olahraga sepak bola putra. Tercatat, dalam kurun waktu 32 tahun itu, Timnas Indonesia sudah mencapai babak final sebanyak empat kali masing-masing pada edisi 1997, 2011, 2013, dan 2019. Namun sayangnya, dalam empat edisi tersebut, skuad Timnas Indonesia selalu menelan kekalahan di partai puncak.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Menariknya, pada tahun 2019 ketika SEA Games dilangsungkan di Filipina, Timnas Indonesia kala itu juga dilatih oleh Indra Sjafri. Jadi, dalam dua kesempatan yang diberikan PSSI kepadanya di dua edisi SEA Games, Indra selalu membawa Timnas Indonesia hingga partai puncak. Di kesempatan pertamanya (2019), Indra hanya mampu membawa skuad Garuda mendapat medali perak. Namun di kesempatan keduanya (2023), pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu sukses mempersembahkan medali emas.

Oleh sebab itu, Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI mengambil sebuah kesimpulan untuk memberikan Indra Sjafri tugas sebagai pelatih tetap Timnas Indonesia U-23. Sebagai gantinya, posisi Direktur Teknik PSSI yang sebelumnya diisi Indra akan digantikan oleh orang lain. Terkait siapa yang akan mengisi posisi tersebut, Erick berencana untuk mendatangkan orang asing. Dari apa yang diucapkannya, Erick mengisyaratkan posisi baru (Dirtek PSSI) berasal dari Jerman.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Saya sudah bicara dengan Jepang. Nanti kita akan bekerja sama mengenai bench marking kompetisi dan wasit,” kata Erick Thohir di sela konvoi parade juara SEA Games 2023 kemarin.

“Dengan Jerman, kami juga akan menandatangani bench marking kompetisi. Salah satunya mencari Direktur Teknik PSSI,” ujarnya menambahkan.

“Iya Direktur Teknik PSSI dari luar negeri. Coach Indra Sjafri senang, saya lihat banyak coach-coach muda. Coach Shin Tae-yong juga harus punya coach-coach muda dari Indonesia. Regenerasilah, jangan hanya pemainnya,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid