Timnas Indonesia

Pede Tingkat Tinggi! Media Malaysia Yakin Kim Pan-gon Bakal Sesukses Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Terhitung ada 3 negara Asia Tenggara yang memiliki pelatih asal Korea Selatan. Didahului oleh pelatih Vietnam Park Hang-seo, kemudian disusul pelatih Indonesia Shin Tae-yong, dan tidak kurang dari satu tahun ini, Kim Pan-gon (pelatih Malaysia) turut meramaikan persaingan tersebut. Nama terakhir yakni Kim Pan-gon disebut bakal menyamai kesuksesan yang sudah diraih STY bersama .

Sejak didatangkan ke Indonesia sampai detik ini, STY memang belum bisa mempersembahkan satu gelar pun bersama Timnas Indonesia. Namun satu yang pasti, meski belum bisa memberikan trofi bergengsi, namun perkembangan sepak bola Indonesia di bawah kendalinya sudah sangat maju.

Masih terekam jelas bagaimana Shin ketika pertama kali menginjakkan kakinya di Indonesia. Pemain berlabel Timnas Indonesia masih doyan makan makanan sembarang, kedisiplinan para punggawa skuad Garuda sangat buruk, dan yang perlu diingat – peringkat Timnas Indonesia di rangking FIFA saat itu berada di posisi 170-an.

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

Namun hari ini, kita melihat Indonesia sudah bertengger di posisi 152. Pemain jauh lebih disiplin, para punggawa skuad Garuda lebih berisi, dan yang pasti beberapa pemain andalan Timnas Indonesia bermain di luar negeri – yang di mana, keputusan (bermain di luar negeri) tersebut tak lepas dari pengaruh yang ia berikan.

Sejak saat itu, berkat performa tersebut, nama Shin Tae-yong di Indonesia pun tambah populer. Tak sedikit tawaran bermain iklan masuk kepadanya. Shin menjadi bintang iklan, dikenal hingga pelosok dan menjadi tontonan di layar televisi.

Kesuksesan yang ia berikan di atas lapangan menjadi buah manis karena ia juga mendapat penghasilan dari luar bidang yang ia tekuni.

Media Malaysia, Harimau Malaya mengakui kepopuleran Shin. Ia tak segan dan sangat pede jika pelatih Malaysia Kim Pan-gon bisa sesukses pelatih sang rival. Media tersebut mengkalim bahwa nama Kim Pan-gon juga tak kalah populer di Malaysia – sama seperti Shin Tae-yong di Indonesia.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: 2 Opsi Skuad Garuda Lolos Perempat Final Piala Asia U23 2024

“Dengan keberhasilan ini, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dikabarkan akan menawarkan perpanjangan kontrak kepada Shin Tae-Yong,” tulis Harimau Malaya dalam salah satu artikel yang dimuat.

“Ini hal positif yang bisa dicontoh oleh Malaysia, Kim Pan-Gon juga tak kalah populer di kalangan warga Malaysia,” tambahnya.

Sama seperti Shin Tae-yong yang sukses membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023, media tersebut juga menyebut Kim Pan-gon telah melakukan hal serupa. Maka seharusnya Kim Pan-gon tak kalah populer dengannya – apalagi jika nanti ia berhasil membawa Timnas Malaysia menjuarai 2022 untuk kedua kalinya. Menurut Harimau Malaya, Kim Pan-gon bakal naik kelas.

“Kim Pan-Gon berhasil memimpin Timnas Malaysia lolos ke Piala Asia 2023.”

“Jika mampu mengantarkan Timnas Malaysia mengangkat Piala AFF untuk kedua kalinya, maka “saham” Kim Pan-Gon akan naik,” pungkas media asal Malaysia tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment