Intermezzo

Peringkat FIFA Peserta Piala Asia 2023: Jepang Paling Tinggi, Indonesia Terendah Kedua!



NOBARTV NEWS – Sebanyak 24 tim akan menunjukkan aksinya di even akbar Piala Asia 2023. Dari sekian banyaknya tim yang turut serta itu, siapa yang memiliki peringkat paling baik – serta siapa yang paling rendah?

Seperti yang diketahui, even akbar Piala Asia 2023 akan digelar tak lama lagi. Even sepakbola terbesar di benua Asia itu akan kick off pada Jumat 12 Januari 2024 dan berakhir pada 10 Pebruari 2024. Even sepak bola yang digelar di negara timur tengah ini merupakan edisi yang ke-18 sejak pertama kali digelar pada tahun 1956 lalu.

Sejauh ini, negara yang paling sukses di even tersebut dipegang oleh Timnas Jepang. Sepanjang keikutsertaannya di ajang Piala Asia, tim Samurai Biru tercatat sudah merengkuh gelar sebanyak 4 kali. Sementara untuk juara bertahan dipegang oleh Timnas Qatar. Menariknya, pada edisi sebelumnya di tahun 2019 ketika Uni Emirat Arab menjadi tuan rumah, dua tim yang bertemu adalah Timnas Jepang dan Qatar. Di laga final itu, Jepang gagal meraih gelar kelimanya sedang Qatar mencatatkan gelar untuk pertama kalinya. Laga fina itu sendiri berakhir dengan skor akhir 3-1.

Kemenangan Qatar atas Jepang kala itu semakin membuat kita tersadar – kalau tim dengan pengalaman yang sangat banyak belum tentu bisa terus-menerus menjadi juara. Dan di sana, Qatar membuktikannya dengan berhasil membungkam tim asa Asia Timur itu.

Peringkat FIFA Peserta Piala Asia 2023: Jepang Paling Tinggi, Indonesia Terendah Kedua!
Pesaing yakni Irak berada di peringkat 63 dunia

Timnas Jepang sangat layak dikatakan sebagai tim dengan prestasi terbaik di antara tim-tim Asia lainnya. Bahkan, prestasi mereka juga terukir di even yang jauh lebih besar seperti Piala Dunia. Selain itu, prestasi tersebut bisa kita buktikan dan lihat dari peringkat FIFA yang dimiliknya. Tercatat, saat ini Jepang menjadi tim terbaik di Asia berdasarkan rangking FIFA.

Secara otomatis, anak asuh Hajime Moriyasu itu juga menjadi tim terbaik di antara tim-tim yang berlaga di Piala Asia 2023 ini. Sementara itu, negara-negara besar seperti Iran, Korea Selatan, Arab Saudi dan beberapa negara timur tengah lainnya menyusul di belakangnya. Adapun Timnas Indonesia, anak asuh Shin Tae-yong itu menjadi tim dengan peringkat terendah kedua di antara kontestan lainnya di Piala Asia 2023. Dan di Piala Asia ini, skuad Garuda tergabung dengan tim terbaik itu di fase grup.

Berikut daftar lengkap peringkat negara yang tampil di ajang Piala Asia 2023:

17. Jepang

21. Iran

23. Korea Selatan

25. Australia

56. Arab Saudi

58. Qatar

63. Irak

64. Uni Emirat Arab

68. Uzbekistan

74. Oman

79. China

86. Bahrain

87. Yordania

91. Suriah

94. Vietnam

98. Kirgistan

99. Palestina

102. India

106. Tajikistan

107. Lebanon

113. Thailand

130. Malaysia

146. Indonesia

150. Hong Kong

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid