Timnas Indonesia

Cuma Menang Tipis atas Timor Leste, Berikut Opsi Peluang Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23



NOBARTV NEWS – Kemenangan tipis atas Timor Leste U-23 tadi malam membuat langkah skuad Garuda semakin sulit untuk melaju ke babak semifinal U-23 2023. Berikut opsi peluang U-23 bisa lolos ke babak selanjutnya.

Seperti yang diketahui, pada malam hari tadi, bertempat di Rayong Province Stadium Thailand, telah dilangsungkan pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 versus Timnas Timor-Leste U-23. Laga tersebut bertajuk Piala AFF U-23 2023. Kebetulan, kedua tim tersebut – termasuk dengan Timnas Malaysia U-23 tergabung dalam grup B. Bagi skuad Garuda, laga semalam merupakan pertandingan keduanya di fase grup. Namun bagi Timnas Timor-Leste U-23, laga versus Indonesia merupakan pertandingan pertamanya.

Untuk Timnas Indonesia U-23, dalam laga perdananya kemarin, anak asuh Shin Tae-yong itu dikalahkan oleh Timnas Malaysia U-23 dengan skor akhir 1-2. Padahal, di pertandingan tersebut, pada babak pertama, skuad Garuda berhasil unggul lebih dulu lewat kaki Ramadhan Sananta. Sayangnya, di babak kedua, pemain pengganti Timnas Malaysia U-23 Fergus Tierney mencetak brace (dua gol) dan keunggulan tersebut bertahan hingga peluit akhir dibunyikan. Alhasil, skuad Garuda dipaksa menyerah dengan skor akhir 1-2.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Mirisnya lagi, di saat skuad Garuda mengincar banyak gol di laga melawan Timor Leste U-23 demi menjaga asa lolos ke babak semifinal, mereka justru cuma menang dengan skor tipis 1-0. Padahal, banyak sekali peluang emas yang didapatkan oleh Arkhan Fikri dkk. Andai skuad Garuda mampu memaksimalkan beberapa peluang emas di laga semalam, barangkali, skuad Timnas Indonesia menang dengan setengah lusin gol.

Selain kesulitan mencetak gol, pertandingan tersebut juga diwarnai berbagai kontroversi dari sang pengadil. Ramadhan Sananta sempat membuat gol lagi namun sayangnya – hakim garis menyebut sang pemain dalam kondisi offside. Padahal, jika dilihat-lihat, posisi striker Persis Solo itu berada dalam posisi onside.

Dengan demikian, maka peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke babak semifinal semakin kecil. Namun bukan berarti anak asuh Shin Tae-yong itu sudah dipastikan tersingkir dari ajang tersebut.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Berikut tiga opsi peluang Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak selanjutnya (semi-final) dalam ajang Piala AFF U-23 2023 Thailand:

1. Kamboja Gagal Menang dari Thailand

Di partai terakhir grup A, Kamboja akan berhadapan dengan Timnas Thailand. Jika Kamboja menang atas tuan rumah, maka skuad Garuda otomatis tersingkir dari ajang tersebut. Namun jika tuan rumah berhasil membungkam sang lawan, maka skuad Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk bertahan di ajang itu.

2. Filipina Tidak Menang atas Vietnam

Jika Filipina gagal mencetak kemenangan atas Vietnam dalam lanjutan grup C Piala AFF U-23 2023, maka anak asuh Shin Tae-yong Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk melanjutkan kiprahnya di ajang tersebut.

3. Timor Leste Tidak Menang atas Malaysia

Dengan Timnas Timor Leste U-23 tidak menang atas Timnas Malaysia U-23, hasil tersebut cukup membuat skuad Garuda lolos ke fase berikutnya.

Dengan demikian, jika ketiga syarat di atas terpenuhi, maka skuad Garuda dipastikan melaju ke semifinal Piala AFF U-23 2023 di Thailand.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment