Timnas Indonesia

Ernando Ari Ngaku Sulit Dapatkan Klub Luar Negeri



NOBARTV NEWS – Kiper U-22 Ernando Ari berharap untuk bisa melanjutkan kariernya di luar negeri. Sayangnya, ia mengaku kesulitan untuk menggapai mimpinya itu.

Seperti yang diketahui, Ernando merupakan satu dari 20 pemain Timnas Indonesia U-22 yang baru-baru ini keluar sebagai juara di even SEA Games 2023. Menariknya, juara tersebut didapatkan Ernando Ari dkk setelah Indonesia absen selama 32 tahun lamanya.

Juara tersebut diraih usai anak asuh Indra Sjafri itu melumat perlawanan Timnas Thailand U-22 di partai final. Di perebutan gelar, skuad Garuda menumpas perlawanan mereka dengan skor akhir 2-5. Skor tersebut didapatkan setelah pertandingan dilanjutkan melalui babak extra time. Hal yang paling bahagia tentunya adalah – di even ini, Ernando menjadi kiper utama skuad Garuda.

Di tengah-tengah even SEA Games 2023 tersebut, Ernando Ari mengaku kalau namanya masuk ke skuad senior untuk FIFA Matchday Juni 2023. Ia dan dua kiper lainnya terdaftar dalam 26 pemain yang diminta Shin Tae-yong untuk mengikuti TC yang sudah berjalan sejak hari Selasa (06/06) kemarin. Di hari pertama TC tersebut, Ernando menjadi salah satu pemain yang hadir tepat waktu.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Kemarin, dalam sebuah wawancara, Ernando mengungkapkan sebuah mimpinya yaitu bermain di luar negeri. Kiper milik Persebaya Surabaya ini mengaku sangat ingin mengikuti jejak para pemain abroad lainnya seperti Asnawi Mangkualam Bahar, Marselino Ferdinan, hingga Pratama Arhan. Sayangnya, Ernando mengaku dirinya sulit untuk mencapai mimpi tersebut karena dirinya punya keterbatasan. Keterbatasan yang dimaksud olehnya adalah tinggi badan.

“Kalau saya sih ada bang, cuma kan susah kalau ya keterbatasan itu tinggi badan atau faktor lainnya,” papar Ernando Ari.

Di klub Eropa, ia mengklaim bakal sulit mendapatkan pelabuhan baru. Namun untuk klub Asia, eks pemain Garuda Select ini mengklaim masih memiliki peluang untuk bermain di sana.

“Kalau di Asia mah mungkin masih bisa, cuma masih usaha cari-cari tim yang mau terima yang begini masih susah banget,” katanya menambahkan.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Kalau saya kan sudah ada cedera, tentu itu sudah jadi pertimbangan pasti, ngaruh mas soal kayak gitu mas.”

Meski demikian, Ernando mengaku dirinya memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi. Pasalnya, ia merupakan pemain andalan untuk Timnas kelompok umur dan juga klubnya Persebaya Surabaya meskipun usianya masih terhitung cukup muda.

“Intinya banyak belajar gitu bang, tenang begitu banyak harus butuh pengalaman juga,” katanya lagi.

“Alhamdulillah pengalaman saya banyak terjadi di timnas jadi tantangannya lebih besar dan juga saya bisa melewati itu, bagusnya itu sih,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment