Timnas Indonesia

STY Diminta Tak Pasang Nadeo Lagi di Laga kontra Filipina



NOBARTV NEWS – Penampilan buruk Nadeo di laga kontra Irak membuat banyak orang meminta STY tak memasang sang pemain lagi. Di laga melawan Filipina Selasa mendatang, beberapa orang berharap Nadeo dibangkucadangkan.

Sebagaimana diketahui, saat ini, sedang berada di Filipina. Mereka bakal melawan tuan rumah dalam matchday kedua 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Sebelumnya, anak asuh Shin Tae-yong itu bertemu dengan Timnas Irak di Basra International Stadium.

Dalam laga melawan tim asal timur tengah tersebut, Timnas Indonesia dibantai dengan skor akhir 5-1. Lima gol bersarang ke gawang Indonesia yang dikawal oleh Nadeo Argawinata. Mirisnya, empat shots on target yang dilesakkan anak asuh Jesus Casas (pelatih Irak) selalu berbuah gol. Sementara satu gol lainnya dihasilkan lewat gol bunuh diri Jordi Amat. Adapun dari skuad Garuda, satu gol yang tercipta ke gawang Irak dihasilkan lewat kaki Shayne Pattynama.

Kekalahan itu membuat banyak suporter Timnas Indonesia kecewa. Barisan lini belakang hingga depan benar-benar tak sesuai harapan. Marc Klok, Asnawi Mangkualam Bahar, hingga Nadeo Argawinata menjadi salah tiga nama yang disorot dari pertandingan tersebut.

Khusus kepada sosok Nadeo, kiper milik Borneo FC itu bahkan diharapkan untuk tidak dimainkan lagi. Daripada menggunakan Nadeo, kebanyakan orang ingin Shin Tae-yong memasang Ernando Ari yang kualitasnya sudah terbukti di laga melawan Argentina beberapa waktu lalu. Terlebih, laga berikutnya melawan Filipina adalah laga penting. Filipina dan Indonesia di laga perdananya kemarin sama-sama dikalahkan. Jika Indonesia kalah dari Irak, maka Filipina dikalahkan oleh Timnas Vietnam. Dengan kemenangan atas Filipina, maka mental skuad Garuda akan kembali normal. Namun Shin diharapkan untuk memperhatikan pemain pilihannya – termasuk yang akan mengawal mistar gawang.

STY Diminta Tak Pasang Nadeo Lagi di Laga kontra Filipina
Nadeo Argawinata sebelum dimulainya pertandingan

Hal tersebut diutarakan oleh salah satu pengamat sepakbola Indonesia Bung Ropan. Dalam kanal YouTube pribadinya, Bung Ropan berharap posisi penjaga gawang di Timnas Indonesia mengalami pergantian.

“Penjaga gawang mungkin perlu ada pergantian,” ungkap Bung Ropan.

Lebih lanjut, katanya lagi, ia memilih sosok Ernando Ari sebagai penggantinya.

“Nadeo bermain kurang bagus kemarin dengan kebobolan lima gol. Tapi mungkin coach Shin Tae-yong bisa mencoba memainkan Ernando Ari,” ujarnya menambahkan.

“Melawan Filipina kita harus menang. Entah itu gol dari mana yang penting harus menang. Tidak perlu menang telak, main dengan 2-1 ataupun 1-0 apapun itu yang penting tiga poin. Poin ini yang harus dipetik.”

“Daripada kita bermain imbang di sana, lebih bagus kita menang tipis tapi tiga poin,” ucapnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid