Timnas Indonesia

Skuad Garuda Juara SEA Games, Eks Pelatih Indonesia Luis Milla Puji PSSI



NOBARTV NEWS – Eks pelatih Luis Milla memuji peran PSSI di balik keberhasilan skuad Garuda meraih emas pada SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri akhirnya merengkuh gelar ketiga sepanjang sejarah cabang olahraga sepak bola putra dalam even SEA Gamer. Gelar tersebut diraih usai menumpas perlawanan skuad Thailand U-22 di partai final. Di babak final tersebut, Marselino Ferdinan dkk mengalahkan sang lawan dengan skor telak 5-2 lewat babak extra time.

Terakhir kali skuad Timnas Indonesia meraih gelar tersebut adalah pada tahun 1991 lalu. Saat itu, SEA Games 1991 dimainkan di Manila Filipina. Dan dalam kurun waktu 32 tahun, dengan SEA Games memainkan beberapa edisinya, skuad Timnas Indonesia tak bisa-bisa menjadi juara. Barulah, di tangan dingin Indra Sjafri, titel juara yang sudah ditunggu-tunggu selama 32 tahun itu akhirnya kembali ke bumi pertiwi.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Oleh sebabnya, momentum juara SEA Games ini disambut begitu meriah oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Tidak hanya pemain saja, namun seluruh orang yang menyebut dirinya sebagai pecinta sepakbola pasti berbangga ria dengan medali emas yang sudah dinanti-nanti ini.

Bahkan, pelatih asal Spanyol yang sebelumnya merupakan arsitek Timnas Indonesia Luis Milla merasa bangga dengan prestasi skuad Garuda tersebut. Milla, dalam pengakuannya menyebut ada peran PSSI di balik keberhasilan skuad Timnas Indonesia meraih gelar ketiganya sepanjang sejarah SEA Games itu. Selain memberikan pujiannya kepada PSSI, Milla juga menyebut di skuad Timnas Indonesia saat ini terdapat banyak pemain muda yang memiliki potensial.

“Saya turut merasa sangat senang Timnas Indonesia menjadi juara. Saya pikir, pekerjaan yang dilakukan oleh PSSI sudah sangat baik. Ada banyak pemain baru yang muda dan sangat potensial. Ini menjadi hal penting,” kata Luis Milla.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Lebih lanjut, kata Milla lagi, ia berharap kepada para punggawa Timnas Indonesia U-22 saat ini untuk tetap diberikan bimbingan begitu mereka kembali ke klubnya. Hal tersebut ditujukan agar di kemudian hari mereka tetap berada di jalur yang tepat untuk melanjutkan kiprahnya sebagai pesepakbola profesional.

“Sekarang yang penting adalah PSSI dan klub melakukan sesuatu untuk para pemain muda ini agar mereka terus melanjutkan kiprahnya,” tutup pelatih yang kini menahkodai klub Liga 1 Persib Bandung itu.

Sekadar diketahui, satu anak Luis Milla di Persib Bandung turut andil dalam keberhasilan skuad Garuda meraih medali emas SEA Games 2023. Adalah Beckham Putra, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu mencetak dua gol sepanjang even ini digelar. Pertama ketika melawan Timnas Kamboja U-22 di fase grup dan kedua ketika bertemu Thailand U-22 di partai final.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid