Timnas Indonesia

Shin Tae-yong di Mata Hokky Caraka: Dia Itu Pahlawan Perang!



NOBARTV NEWS – Bomber U-19 Hokky Caraka memiliki pandangan tersendiri tentang sang pelatih Shin Tae-yong. Hal itu Hokky ungkapkan di kala tuntutan agar STY mundur (sebagai pelatih) karena lebih memilih untuk membela Ketum PSSI di saat sang ketua federasi diminta angkat kaki dari jabatannya.

Hokky bukanlah nama baru di persepakbolaan dalam negeri. Striker muda PSS Sleman itu merupakan alumni Garuda Select. Ia bahkan menjadi top skorer di dua season berbeda. Di tangan STY, bomber muda ini semakin mentereng bersama Timnas Indonesia.

Hokky mendapatkan kesempatan debut untuk Timnas Indonesia U-19 tatkala skuad Garuda muda bermain di Piala Toulun 2022 di Prancis beberapa waktu lalu. Meski tidak pernah mencetak gol, namun Hokky mendapatkan kesempatan-kesempatan baru di bawah sang arsitek asal Korea Selatan itu.

Di U-19 2022, Hokky menunjukkan magisnya. Ia mencetak empat gol tatkala Garuda muda melawan Brunei Darussalam. Di event tersebut, Timnas Indonesia U-19 gagal lolos dari fase grup meski turnamen tersebut diadakan di rumah sendiri.

Baca Juga:  Prediksi Line-Up Indonesia vs Korea Selatan, Sananta Langsung Starter?

Berlanjut ke Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Hokky lagi-lagi menunjukkan taringnya. Melawan Timor Leste di laga perdana grup F, Hokky tampil memukau dengan mencetak tiga gol. Dua gol tersebut bahkan ia hasilkan dari sundulan.

Termasuk ketika Garuda muda melakukan pemusatan latihan di Eropa, Hokky kembali dipercaya Shin untuk masuk dalam 34 nama pemain yang dibawa. Pemusatan latihan ini bertujuan untuk mengasah mental serta kemampuan sebelum berlaga di Piala Asia U-20 dan 2023.

Dengan demikian, wajar saja jika Hokky memiliki pandangan berbeda dari kebanyakan orang. STY bahkan disandingkan olehnya seperti pahlawan perang.

“Shin Tae-yong itu pahlawan, pahlawan perang,” ujar Hokky Caraka.

Hokky memiliki alasan khusus kenapa ia menyebut Shin demikian. Dalam kurun waktu yang sangat sebentar, STY berhasil membawa dua kelompok umur Timnas Indonesia tampil di Piala Asia. Atas dasar itulah Hokky menyebutnya sebagai seorang pahlawan.

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

“Ya kan belum ada dua tahun tetapi bisa meloloskan tim ke Piala Asia di dua kelompok umur. Bagaimana kalau sudah 5 hingga 10 tahun pegang Indonesia?” jawabnya setengah bertanya.

Hokky berharap di Piala Dunia U-20 tahun depan, dirinya terpilih sebagai salah satu pemain yang tampil mewakili Timnas Indonesia di event kelas dunia itu.

“Semoga bisa ikut Piala Dunia,” harapnya.

Hokky memiliki pandangan khusus terkait Shin. Selain fokus kepada peningkatan skill, STY juga turut membantu meningkatkan mental para pemain. Visi dan misi bermain sepak bola Hokky terbentuk dengan cara melatih Shin.

“Bukan itu saja, tetapi teknik sepak bola Indonesia jadi terbantu, terbenahi, visi dan misi bermain sepak bola kita.”

“Mental kita dibenahi juga,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

14 Comments