Timnas Indonesia

Permalukan Kuwait, Media Malaysia Sanjung Habis Performa Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


Permalukan Kuwait, Media Malaysia Sanjung Habis Performa Timnas Indonesia
Selebrasi gol

NOBARTV NEWS – Kemenangan 2 – 1 Timnas Indonesia atas Kuwait menjadi topik hangat hingga hari ini. Kemenangan tersebut tidak hanya menjadi topik yang dibicarakan oleh media massa tanah air. Bahkan, salah satu media asal Malaysia, Semuanya Bola menyebut Timnas Indonesia sebagai kebanggaan Asia Tenggara.

Bagaimana tidak, Indonesia pada akhirnya berhasil menorehkan prestasi atas Kuwait setelah puluhan tahun berlangsung. Untuk pertama kalinya sejak 42 tahun yang lalu, Timnas Indonesia akhirnya menang atas Kuwait. Rekor tersebut dipatahkan di bawah kepemimpinan pelatih Shin Tae-Yong.

Bertanding di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Timnas Indonesia kebobolan lebih dahulu. Yousef Nasser sukses menyundul bola ke gawang Nadeo Argawinata dengan bebas.

Empat menit berselang, tepatnya pada menit ke-44, Marc Anthony Klok sukses menyamakan kedudukan lewat sepakan penalti setelah Rachmat Irianto dilanggar dalam kotak 12 pas.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Rachmat Irianto kembali menjadi pahlawan. Beberapa menit babak kedua berjalan, pemain baru Persib Bandung itu sukses menceploskan bola memanfaatkan kemelut di depan gawang Kuwait.

Skor akhir 2 – 1 menjadi penutup laga. Rekor pun akhirnya tercipta. Timnas Indonesia sukses mengemas 3 poin sempurna – sedangkan Kuwait harus menahan malu di hadapan pendukungnya sendiri.

Ternyata, Indonesia bukan satu-satunya tim yang membuat kejutan di laga perdana Kualifikasi Piala Asia tahun ini. Ia (Timnas Indonesia) bernasib sama dengan Timnas Malaysia. Harimau Malaya juga sukses mengandaskan lawannya di laga perdana Kualifikasi Piala Asia. Malaysia berhasil mencukur Turkmenistan dengan skor akhir 3 – 1. Atas dasar itulah, Semuanya Bola menyanjung dua tim asal Asia Tenggara (Indonesia dan Malaysia) itu.

“Dua negara nusantara jadi kebanggaan Asia Tenggara,” tulis semuanya bola.

Sangat wajar jika media asal Malaysia itu membuat berita demikian. Sebab, baik Indonesia maupun Malaysia sama-sama tidak diuntungkan ketika melawan lawan-lawannya tersebut.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Menilik dari lama resmi FIFA, Indonesia hanya berada di posisi 159 rangking FIFA. Sedangkan Timnas Kuwait berada di posisi 146.

Begitu pula dengan Timnas Malaysia. Anak asuh Kim Pan-gon itu hanya berada di posisi 146 – sangat jauh berbeda dengan sang lawan Turkmenistan yang berada di posisi 134. Namun begitulah sepak bola. Setiap pertandingan ada kejutan – dan kejutan yang paling mutakhir adalah kemenangan dua negara asal Asia Tenggara itu.

Timnas Indonesia akan kembali melanjutkan perjuangannya di dengan menantang Timnas Yordania pada Minggu, tanggal 12 Juni mendatang. Sedangkan Malaysia, akan berhadapan dengan Timnas Bahrain dalam lanjutan grup E Kualifikasi Piala Asia 2023 pada esok, 11 Juni 2022.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid