Timnas Indonesia

Tak Mau Anak Asuhnya Terbebani, Bima Sakti Tak Pasang Target di Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – Besok malam, U-17 akan memulai partai perdananya dalam ajang 2023. Meskipun di even ini skuad Garuda Asia bertindak sebagai tuan rumah, namun sang pelatih enggan memasang target bagi anak asuhnya.

Seperti yang diketahui, pada Drawing Piala Dunia U-17 2023 beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia U-17 selaku tuan rumah ditempatkan ke dalam grup A bersama Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17.

Di antara deretan tim-tim yang akan menjadi lawan Arkhan Kaka dkk itu, skuad Garuda menjadi satu-satunya tim debutan. Sebab sebelumnya, di edisi yang sudah-sudah (Piala Dunia U-17), tiga tim lainnya sudah pernah bermain. Sedangkan Indonesia, penampilan pertama mereka di even tersebut dikarenakan bertindak sebagai tuan rumah.

Oleh sebab itu pula, dari banyaknya kontestan yang mewakili konfederasinya masing-masing, hanya Timnas Indonesia U-17 yang lolos tanpa mengikuti babak kualifikasi.

Walaupun demikian, skuad Garuda tentu tak mau terlena hanya karena lolos otomatis. Sejak ditunjuk sebagai tuan rumah, berbagai persiapan telah dilakukan PSSI. Sebut saja seperti menggelar TC yang diisi oleh para pemain lokal, kemudian menggelar seleksi di berbagai kota se-Indonesia, memanggil para pemain diaspora (keturunan) untuk ambil bagian, hingga yang terakhir adalah melakukan TC dan uji coba selama kurang lebih satu bulan di Jerman.

Tak Mau Anak Asuhnya Terbebani, Bima Sakti Tak Pasang Target di Piala Dunia U-17 2023
Skuad Garuda Asia dalam sesi latihan jelang Piala Dunia U-17 2023

Serangkaian persiapan yang dilakukan itu tak lepas dari bentuk kesiapan PSSI untuk membentuk skuad yang lebih tangguh. Hasilnya adalah munculnya 21 nama terbaik yang akhirnya dibawa ke even tersebut. Dan pada esok malam, ke-21 nama itu akan membuktikan dirinya ketika melawan tim terkuat yang sudah sering tampil di even serupa yakni Timnas Ekuador U-17. Laga melawan Ekuador U-17 itu akan dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Di atas kertas, Timnas Ekuador U-17 mungkin lebih difavoritkan untuk memenangkan pertandingan. Namun di laga esok, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah dan didukung oleh banyak suporternya.

Bima Sakti tak beri target kepada anak asuhnya

Meskipun bertindak sebagai tuan rumah, ternyata sang pelatih Bima Sakti enggan memberikan beban tinggi kepada Arkhan Kaka dkk. Pelatih yang tahun lalu membawa skuad Garuda Asia menjuarai even U-16 2022 itu sadar akan tampil di Piala Dunia U-17 adalah hal langka. Oleh karenanya, ia memutuskan untuk tidak mau memberikan mereka tekanan dan beban.

“Yang pasti saya tidak mau terlalu membebani pemain. Yang pasti mereka juga sadar ini kesempatan yang langka,” kata Bima Sakti.

“Mereka sudah tahu tugas dan tanggung jawab. Selalu fokus dalam setiap pertandingan dan siap memberikan yang terbaik,” ujarnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid