Timnas Indonesia

Timnas U-20 TC di Eropa, Shin Tae-yong Girang Luar Biasa



NOBARTV NEWS – Skuad Garuda muda tengah melakukan pemusatan latihan di Kota Antalya, Turki. Pemusatan latihan ini dalam rangka persiapan jelang Piala Asia U-20 dan yang akan dihelat tahun depan. Sebagai pelatih, STY merasa girang mendapatkan fasilitas latihan di tempat tersebut.

Usai dari Turki, rombongan Timnas U-20 akan menuju Spanyol. Di Spanyol, Marselino Ferdinan dkk akan melakukan pemusatan latihan lanjutan tepatnya di Kota Malaga. Di dua negara Eropa ini, Garuda muda dijadwalkan akan berhadapan dengan enam tim dalam rangka uji coba.

Menariknya, satu di antara tim yang akan dihadapi oleh Muhammad Ferrari dkk adalah tim nasional. Sayang, sampai saat ini, PSSI belum membocorkan tim mana saja yang akan menjajal kekuatan Garuda muda tersebut.

Adapun pemusatan latihan di Eropa kali ini merupakan permintaan langsung dari Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu ingin skuad Garuda muda lebih terasah dari segi fisik dan mental. Menurut Shin, Benua Eropa merupakan tempat yang paling cocok dijadikan lokasi pemusatan latihan. Beruntungnya, PSSI sebagai penanggung jawab utama mendukung keinginan Shin – sehingga para punggawa Garuda muda mendapatkan kesempatan untuk TC di sana.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Selain dianggap sebagai kiblat sepak bola dunia (Benua Eropa), punggawa juga mendapatkan fasilitas latihan yang sangat memadai. Sang pelatih STY sampai girang luar biasa. Eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu tak segan-segan memuji fasilitas yang diberikan kepada timnya.

“Lapangan sangat baik kondisinya, dan juga akan fokus pada skill dasar dan performa pemain,” ujar STY dilansir dari laman resmi PSSI.

Latihan Timnas Indonesia juga diiringi dengan cuaca yang amat bersahabat. Intinya, tidak ada kendala bagi skuad Garuda muda beserta rombongan selama berada di sana.

“Kondisi baik-baik saja pemain, dan bekerja keras dalam latihan. Cuaca tidak ada masalah sama sekali. Cuaca sangat-sangat baik karena suhunya di antara 20 derajat. Itu sangat baik buat latihan,” tutupnya.

Pemusatan latihan di Turki akan berakhir pada awal bulan depan tepatnya 5 November 2022 – kemudian dilanjutkan terbang ke Malaga, Spanyol.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Kabar baiknya, satu keluarga baru telah bergabung bersama Timnas Indonesia di Turki. Adalah Cho Byung-kuk. Cho dipilih Shin sebagai pengganti Dzenan Radoncic yang sebelumnya memundurkan diri sebagai asistennya.

Untuk diketahui pula, Cho Byung-kuk merupakan eks anak asuh Shin Tae-yong di klub Seongnam Ilhwa dan juga merupakan eks bek tengah Timnas Korea Selatan. Semoga dengan kehadiran Cho di Timnas Indonesia membuat skuad Garuda tampil lebih menjanjikan di masa sekarang dan yang akan datang.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments