Timnas Indonesia

Erick Thohir usai Indonesia Dipermalukan Irak 2 Kali: Kita Perlu Berbenah!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka suara usai dipermalukan Irak di Piala Asia 2023 tadi malam. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu meminta semua pihak untuk berbenah.

Seperti yang diketahui, pada malam hari tadi, telah digelar laga perdana Timnas Indonesia dalam ajang Piala Asia 2023 grup D. Sebelumnya, di grup yang sama, Jepang dan Vietnam sudah berduel terlebih dahulu. Dalam duel tersebut Jepang sukses mengalahkan The Golden Star Warriors dengan skor meyakinkan 4-2. Sementara Indonesia, anak asuh Shin Tae-yong itu baru bermain pada malam hari tadi melawan Timnas Irak di Ahmed bin Ali Stadium.

Menariknya, laga melawan Irak ini merupakan pertemuan kedua tim untuk kedua kalinya di kurun waktu tiga bulan ini. Jadi, pada tahun 2023 kemarin, Timnas Indonesia sempat dijamu Irak pada ajang 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Sayangnya, pada laga yang digelar di Basra International Stadium tersebut skuad Garuda dikalahkan dengan skor telak 5-1.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Beberapa bulan kemudian, setelah pembantaian memalukan itu, kedua tim kembali bertemu di ajang yang berbeda – yakni Piala Asia 2023.

Erick Thohir usai Indonesia Dipermalukan Irak 2 Kali: Kita Perlu Berbenah!
Indonesia vs Irak tadi malam

Sayangnya, pada pertemuan kedua semalam, Timnas Indonesia lagi-lagi menelan kekalahan. Marc Anthony Klok dkk dipermalukan untuk kedua kalinya oleh anak asuh Jesus Casas itu dengan skor akhir 3-1. Sempat menyamakan kedudukan lewat Marselino Ferdinan pada menit ke-37, skuad Irak berbalik unggul lewat dua gol tambahan yang diciptakan oleh Osama Rashid dan A. Hussein.

Pasca laga, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia sempat meluapkan kekesalannya. Shin kesal lantaran salah satu gol yang diciptakan Irak terindikasi off-side. Bahkan, Shin menyebut VAR yang memutuskan gol tersebut sah sebagai sesuatu yang memalukan.

“Saya menyoroti gol kedua Irak. Itu 100 persen offside. Gol itu mengubah situasi. Ini memalukan VAR tak mampu bekerja baik di Piala Asia,” ujar Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers pasca laga.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Terlepas dari hasil serta proses gol yang disoroti Shin Tae-yong, Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta semua pihak untuk berbenah pasca laga itu. Sebab sebanyak dua kali melawan Irak, Indonesia selalu kalah. Bukan sekadar dari gol yang diciptakan saja namun dari statistik pertandingan, Timnas Indonesia kalah semuanya.

“Ini menunjukkan kita perlu berbenah, terutama pada lini pertahanan,” ujar Erick Thohir.

Erick meminta pembenahan tersebut harus segera diatasi sebelum dua laga berikutnya di fase grup. Diketahui, pada laga kedua dan ketiga nanti, skuad Garuda akan berhadapan dengan Timnas Vietnam dan Jepang.

“Patut kita apresiasi, timnas kita main dengan baik pada babak pertama, namun ada banyak yang perlu kita benahi sebelum dua pertandingan ke depan,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid