Timnas Indonesia

Tidak Hanya STY, Legenda Chelsea Juga Akan Bantu Bima Sakti di Timnas U-17



NOBARTV NEWS – PSSI tidak hanya menyediakan Shin Tae-yong sebagai pendamping Bima Sakti mempersiapkan Timnas U-17 jelang 2023. PSSI juga meminta kehadiran legenda Chelsea Dennis Wise sebagai pendamping sang pelatih.

Sebagaimana diketahui, pada tanggal 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang, skuad U-17 akan bermain dalam ajang sepakbola internasional bertajuk Piala Dunia U-17 2023. Even tersebut rencananya akan digelar di Indonesia.

Awalnya, Indonesia bukanlah berstatus sebagai tuan rumah. Akan tetapi, tuan rumah yang ditunjuk sebelumnya, yakni Peru dinyatakan batal karena berbagai hal. Pertama, Peru mengalami krisis ekonomi dan kedua, negara asal Amerika Latin itu baru saja dilanda bencana alam.

Atas dua alasan tersebut, Peru pun gagal menyiapkan infrastruktur serta SDM (Sumber Daya Manusia) yang memadai. Akibatnya, Peru dinyatakan batal sebagai tuan rumah dan Federasi Sepakbola Dunia itu resmi menunjuk Indonesia.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Terpilihnya Indonesia sendiri tak lepas dari status mereka sebelumnya. Ya, beberapa bulan lalu, Indonesia seharusnya bertindak sebagai tuan rumah untuk ajang yang lebih prestisius yaitu 2023. Persiapan yang dilakukan oleh PSSI dan Pemerintah RI juga sudah sangat maksimal kala itu.

Tapi sayangnya, beberapa hari menjelang drawing Piala Dunia U-20 dilakukan, FIFA membatalkan status Indonesia. FIFA pada akhirnya memilih Argentina sebagai penggantinya.

Oleh karena itu, persiapan Indonesia yang sudah maksimal – berbekal pengalaman sebelumnya (tuan rumah Piala Dunia U-20) membuat FIFA memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Adapun PSSI, begitu Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, Federasi Sepakbola Indonesia itu langsung tancap gas. Indra Sjafri, Shin Tae-yong, dan Direktur Teknik PSSI yang baru diminta untuk mendampingi Bima Sakti selama persiapan mereka sebelum turun di Piala Dunia U-17 2023. Awalnya, Bima diminta untuk memilih salah satu di antara ketiga nama tersebut. Akan tetapi, pelatih yang membawa Timnas U-16 juara U-16 2022 itu justru memilih ketiga-tiganya.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Menariknya, ternyata, bukan hanya ketiga nama tersebut saja yang akan mendampingi Bima. Baru-baru ini, salah satu anggota Exco PSSI Arya Sinulingga mengungkapkan ada sosok baru yang akan turut menemaninya. Sosok yang dimaksud adalah Dennis Wise. Dennis Wise merupakan legenda klub Inggris Chelsea.

“Kita selama ini sudah punya juga timnas U-16 dan U-17. Tapi dalam minggu ini Bima Sakti akan kolaborasi dengan Dennis Wise, Dirtek Garuda Select,” kata Dennis Wise.

Nantinya, Dennis Wise, Shin Tae-yong dan Indra Sjafri bersamaan dengan Bima Sakti akan melakukan seleksi pemain di berbagai daerah di Indonesia.

“Mereka akan bersama-sama untuk melakukan seleksi. Kemudian seperti kata Pak Erick, kami akan melakukan seleksi di sembilan sampai sepuluh kota di Indonesia,” tambah Arya Sinulingga.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment