Bursa TransferIntermezzo

Pemain Timnas Thailand Elias Dolah Resmi Perkuat Bali United

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Satu pemain asal Asia Tenggara akhirnya dipastikan merumput di Liga 1 musim depan. Adalah Elias Dolah, bek tengah Timnas Thailand itu direkrut oleh klub Liga 1 Bali United.

Seperti yang diketahui, pada Liga 1 musim 2023-2024 mendatang, terdapat regulasi baru yang dibuat oleh PSSI dan PT LIB. Regulasi tersebut terkait dengan kuota pemain asing yang diperbolehkan untuk direkrut oleh masing-masing tim.

Per musim depan, setiap tim di Liga 1 boleh mendaftarkan 6 pemain asing – yang salah satunya wajib berasal dari wilayah ASEAN alias Asia Tenggara. Jadi, Liga 1 musim 2023-2024 setidaknya akan dilengkapi oleh 18 pemain yang berasal dari negara tetangga. 18 pemain tersebut merujuk pada jumlah tim yang akan berkompetisi di kasta tertinggi Liga 1 musim depan.

Dan sejak dini, beberapa klub sudah mulai mendaftarkan pemain asing asal Asia Tenggara. Dilihat dari pergerakan transfernya, klub-klub Liga 1 cenderung untuk mendatangkan pemain asal Filipina. Tercatat, ada enam klub Liga 1 yang sejauh ini sudah mengamankan pemain asal Filipina. Dua di antara klub tersebut bahkan sudah menggunakan pemain asal Filipina sejak musim kemarin. Dua pemain yang dimaksud adalah Daisuke Sato (Persib Bandung) dan Mike Ottt (Barito Putera). Adapun empat klub yang baru saja mendatangkan pemain asal Filipina adalah PSS Sleman (Anthony Pinthus/GK), PSM Makassar (Kike Linares/CB), Persita Tangerang (Cristian Rontini/CB), dan Persik Kediri (Simen Lyngbo).

Selain itu, adapula pemain asal Timor Leste seperti Gali Freitas (PSIS Semarang), Song Ui Yong (Singapura) di Persebaya, Jakob Mahler (Singapura) bersama Madura United, dan Win Naing Tun (Myanmar) di Borneo FC.

Dan pada malam hari tadi, satu pemain asing asal Asia Tenggara – tepatnya Thailand resmi bergabung dengan Bali United. Adalah Elias Dolah. Ia diperkenalkan Bali United sebelum kick off leg pertama play off Kualifikasi ACL antara tuan rumah Bali United dan PSM Makassar. Sebelumnya, Dolah tercatat bermain untuk klub divisi utama Port FC.

“Halo Semeton, Saya Elias Dolah baru tiba di Bali. Saya sangat senang bisa bermain di Bali United dan bertemu kalian semua. Saya tidak sabar untuk memulai debut. Sampai jumpa,” kata Elias Dolah dilansir dari laman resmi Bali United.

Dengan demikian, kehadiran Elias Dolah di Bali United membuat 11 klub kini sudah mempunyai pemain asing asal Asia Tenggara. Berarti, masih ada tujuh tim yang belum menentukan pemain ASEAN-nya. Tujuh tim tersebut adalah Arema FC, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, Persikabo 1973, Persis Solo, Dewa United, dan Rans Nusantara FC.

Dari ketujuh tim tersebut, baru Persija yang dirumorkan akan mendatangkan pemain asal Asia Tenggara lainnya. Adalah Nguyen Quang Hai. Diketahui, gelandang serang asal Vietnam tersebut baru-baru ini memutuskan kontraknya dengan klub kasta kedua Pau FC.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment