Timnas Indonesia

Sukses Permalukan Indonesia 1-0, Pelatih Guatemala Harap Jumpa Garuda Muda Lagi di Piala Dunia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Timnas Guatemala U-20 sukses mempermalukan di Turnamen Mini PSSI tadi malam. Meski menyebut sang lawan sebagai tim terkuat yang dihadapinya, namun sang pelatih Rafael Loredo Silva justru berharap di nanti tim-nya bisa segrup dengan Indonesia.

Sebagaimana diketahui, PSSI dan Kemenpora RI akhirnya selesai menyelenggarakan even mini. Even mini itu sengaja dibuat oleh dua instansi tersebut sebagai persiapan sekaligus laga uji coba Hokky Caraka dkk sebelum terbang ke Uzbekistan.

Sebab sebagaimana diketahui, di Uzbekistan, mereka akan tampil dalam sebuah even bergengsi yakni Piala Asia U-20 2023. Di turnamen tersebut, Timnas Indonesia berada satu grup dengan tim tuan rumah Uzbekistan U-20, Timnas Irak U-20, dan Timnas Suriah U-20.

Nah, sebagai persiapan sebelum mentas dan melawan tiga tim kuat itu, PSSI pun mengambil inisiatif untuk mempertemukan skuad Garuda muda dengan beberapa tim kuat dalam sebuah turnamen uji coba. Uji coba tersebut dilangsungkan di Indonesia dengan mengundang beberapa tim luar negeri. Seperti Selandia Baru U-20, Fiji U-20, hingga Guatemala U-20. Untuk diketahui, ketiga tim yang diundang tersebut merupakan kontestan Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Namun sayangnya, di even mini ini Timnas Indonesia tak bisa berbicara banyak. Anak asuh Shin Tae-yong hanya mampu membawa satu kemenangan yakni ketika berjumpa Timnas Fiji U-20 di pertemuan perdana. Saat itu, skuad Timnas Indonesia menang telak dengan skor mencolok 4-0.

Sialnya, di pertemuan kedua dan ketiga, Timnas Indonesia selalu menelan kekalahan. Zanadin Fariz dkk dipecundangi Selandia Baru U-20 (2-1) dan tadi malam dikalahkan Timnas Guatemala U-20 (1-0).

Kemenangan Guatemala U-20 atas Indonesia itu membuat wakil asal Concacaf itu mencatatkan kemenangan sempurna. Pasalnya, sebelum jumpa Indonesia, mereka sudah pernah mengalahkan Timnas Selandia Baru U-20 dan Timnas Fiji U-20 dengan skor yang sama yakni 3-1.

Meskipun demikian, sang pelatih yakni Rafael Loredo Silva memuji penampilan skuad Garuda muda walau timnya sukses membuat frustrasi sang lawan. Baginya, Timnas Indonesia merupakan tim terberat yang pernah ia lawan di antara peserta Turnamen Mini lainnya.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Laga lawan Indonesia menjadi yang terberat bagi kami. Apalagi kami kehilangan satu pemain (Julio Fernando Garcia Ramirez) dalam pertandingan ini. Indonesia juga adalah tim yang bagus,” kata Rafael.

“Namun, kami memang membutuhkan laga-laga seperti ini untuk memberikan pengalaman kepada para pemain,” tambah Rafael lagi.

Lucunya, meskipun dirinya menyebut Timnas Indonesia sebagai tim terkuat, namun Rafael masih berharap agar di Piala Dunia U-20 nanti, timnya satu grup dengan Indonesia.

“Kami tidak dapat memutuskan akan bermain di grup mana [di Piala Dunia U-20]. Tapi bermain melawan Indonesia akan menjadi pertandingan yang menarik, bukan karena kami menang malam ini tapi, karena tim ini bermain bagus dan kami belajar banyak malam ini.”

“Jadi saya tentu mengharapkan berada satu grup dengan Indonesia,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments