Timnas Indonesia

STY: Generasi Emas Vietnam akan Berakhir

TOPIK BERITA :


NOBARTV.CO.ID STY bikin pernyataan mengejutkan, Pelatih Shin Tae-yong membuat pernyataan mengejutkan kepada sebuah media asal Korea Selatan benama Nate. Shin menyebut generasi emas Vietnam akan berakhir.

Seperti yang diketahui, skuad Timnas Indonesia dalam kurun waktu tiga bulan ini sudah bertemu dengan Vietnam sebanyak tiga kali. Pertemuan pertama tersaji di fase grup Piala Asia 2023. Saat itu, skuad Garuda menang dengan skor akhir 1-0.

Sementara itu, pertemuan kedua dan ketiga digelar dalam ajang 2026 zona Asia ronde kedua grup F dengan sama-sama bertindak sebagai tuan rumah sebanyak satu kali. Dalam laga yang digelar di markas Indonesia yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Marc Anthony Klok dkk menang dengan skor tipis 1-0. Adapun di pertandingan berikutnya yang digelar di My Dinh Internasional Stadium, skuad Garuda jauh lebih menggila lagi. Tak tanggung-tanggung, tiga gol tanpa balas digelontorkan oleh Timnas Indonesia di markas sang lawan.

Tiga kemenangan yang diraih Ivar Jenner dkk ini jelas merupakan sesuatu yang mengejutkan. Pasalnya, dalam sejarahnya, Indonesia sangat kesulitan untuk mengalahkan sang lawan. Namun kini, berkat tangan dingin Shin Tae-yong – serta didukung dengan kehadiran para pemain naturalisasi, permainan Timnas Indonesia semakin baik dari hari ke hari. Puncaknya adalah mereka berhasil mengalahkan Vietnam tiga kali dan kini menjadi tim dengan peringkat ketiga terbaik (rangking FIFA) untuk wilayah Asia Tenggara.

STY: Generasi Emas Vietnam akan Berakhir
Shin Tae-yong merayakan kemenangan atas Vietnam (sumber: IG @shintaeyong7777)

Dan kemungkinannya, hal itulah yang membuat Shin baru-baru ini mengucapkan kalimat yang sedikit menyindir Vietnam. Hal itu disampaikan Shin pada media asal Korea Selatan bernama Nate. Ucapan tersebut bertepatan dengan keberhasilan Timnas Indonesia menang dua kali di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 kemarin.

“Vietnam melakukan hal yang sama seperti yang kami lakukan selama ini. Vietnam adalah tim yang kuat. Namun generasi emas Vietnam akan segera berakhir,” ucap STY dilansir dari Nate.

Di saat yang bersamaan, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu juga menyebut Indonesia sedang membangun generasi emas.

“Di sisi lain Indonesia sedang membangun generasi emas dan terus bergerak maju. Pemain yang bermain untuk tim nasional A [Timnas Indonesia senior] rata-rata berusia di bawah 23 tahun, pada pertandingan pertama melawan Vietnam [Indonesia bermain dengan pemain usia rata-rata] 21,5 tahun, pada pertandingan kedua berusia 22,5 tahun, kami [pemain Indonesia] tidak berusia di atas 23 tahun,” ucapnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *