Timnas Indonesia

Setelah Piala Dunia U-17, Indra Sjafri Targetkan Skuad Garuda Lolos ke Piala Dunia U-20 2025



NOBARTV NEWS – Direktur Teknik PSSI sekaligus pelatih U-20 menargetkan skuad Garuda lolos ke 2025.

Sebagaimana diketahui, saat ini, skuad Garuda tengah menjadi tuan rumah untuk ajang sepakbola bertaraf internasional bertajuk 2023. Bertindak sebagai tuan rumah, anak asuh Bima Sakti itu tergabung dalam grup A bersama Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17.

Sejauh ini, dari tiga laga di fase grup itu, Arkhan Kaka dkk baru memainkan satu pertandingan saja. Satu pertandingan tersebut adalah melawan Timnas Ekuador U-17 pada 10 November lalu di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Di laga tersebut, skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) bermain imbang 1-1. Satu gol yang berhasil bersarang ke gawang Ekuador U-17 dicetak oleh pemain muda sekaligus striker Persis Solo Arkhan Kaka.

Terdekat – pada malam hari ini (13/11), skuad Garuda akan berhadapan dengan Timnas Panama U-17 di tempat yang sama (GBT). Dan di laga ini, Bima Sakti selaku pelatih Timnas Indonesia U-17 berharap anak asuhnya mampu memenangkan pertandingan.

Baca Juga:  PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi

Menariknya, sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima juga ditemani oleh beberapa seniornya. Sebut saja salah satunya yakni Indra Sjafri. Diketahui, Indra adalah Direktur Teknik PSSI yang juga mengemban amanah di Timnas Indonesia U-20. Ia ditunjuk sebagai nahkoda skuad Garuda U-20 beberapa waktu silam.

Setelah Piala Dunia U-17, Indra Sjafri Targetkan Skuad Garuda Lolos ke Piala Dunia U-20 2025
Aksi Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Kemarin, dalam sebuah wawancara, Indra menjelaskan sedikit pengaruh Piala Dunia U-17 tahun ini dengan perkembangan sepakbola Indonesia ke depannya. Kata Indra, keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 adalah sebuah momentum kebangkitan sepakbola tanah air. Oleh sebab itu, ia cukup optimis di masa mendatang, Indonesia bisa mengikuti even-even yang jauh lebih bergengsi.

Bahkan, kata Indra Sjafri, pihaknya (PSSI dan Timnas Indonesia U-20) sudah mengarah ke even akbar berikutnya. Even tersebut adalah Piala Asia U-20 2025 dan Piala Dunia U-20 2025.

Untuk even Piala Asia U-20 itu, Indra menargetkan timnya mampu lolos hingga babak semifinal. Dengan lolos ke babak semifinal atau empat besar, maka secara otomatis mereka akan melangkah ke putaran final Piala Dunia U-20 2023 sebagai wakil dari AFC atau zona Asia.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

“Sepakbola Indonesia mau bangkit dalam event Piala Dunia yang diikuti anak-anak kita. Ini keikutsertaan di Piala Dunia U-17 adalah momentum untuk kami bisa melangkah ke level yang lebih tinggi. Saya kemarin menerima tugas dari Ketum PSSI sampai 2027 untuk menangani Timnas U-20,” kata Indra Sjafri.

“Timnas U-20 itu adalah anak-anak kelahiran 2006 dan 2007 ditambah dengan yang tertua maksimal kelahiran 2005. Bisa dibayangkan pemain kelahiran 2005 yang notabene banyak bermain di Liga 1 kayak Kadek Arel dan lainnya ditambah pemain pernah mendapatkan pengalaman di Piala Dunia U-17,” tambah eks pelatih Bali United itu.

“Saya sangat optimis Timnas U-20 nanti jauh lebih baik dari timnas eranya Egy. Mudah-mudahan tidak lupa, kita pernah hampir selangkah lagi masuk Piala Dunia langsung. Saya yakin apa yang dibebankan Ketum PSSI kepada kami di Kualifikasi ke Piala Dunia U-20 2025,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid