Timnas Indonesia

Full Legenda! Staf Kepelatihan Timnas U-22 di SEA Games Dihuni Banyak Pemain Legendaris Indonesia!



NOBARTV NEWS – Indra Sjafri telah memilih beberapa asistennya – yang akan membantunya menangani Timnas U-22 di SEA Games 2023. Menariknya, para asisten tersebut merupakan mantan pesepakbola legendaris Indonesia. Siapa saja?

Sebagaimana diketahui, SEA Games 2023 akan dilangsungkan tak lama lagi. Sekitar dua bulan sejak hari ini, Indra Sjafri akan memimpin Timnas U-22 meraih gelar juara. Sebab sejauh ini, lebih dari dua puluh tahun tak pernah lagi meraih gelar tersebut. Dalam edisi terakhir, skuad Garuda Indonesia yang saat itu dipimpin Shin Tae-yong (SEA Games 2021 Vietnam) hanya mampu finis sebagai juara ke-tiga.

Oleh sebab itu, untuk kali ini, Indra dengan tegas menjawab bahwa juara adalah target utama yang harus dipersembahkannya. Sebelumnya, di SEA Games 2019 di Filipina, Indra hampir saja membawa Evan Dimas dkk keluar sebagai juara. Sayang, di babak final, mereka takluk dari Timnas Vietnam dengan skor akhir 3-1.

Kini, dengan skuad yang lebih matang lagi, ditambah dengan beberapa asistennya, Indra siap membawa gelar itu pulang. Siapa saja para asisten yang dimaksud? Berikut daftarnya!

Baca Juga:  Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1

1. Bima Sakti

Saat ini, Bima berstatus sebagai pelatih Timnas Indonesia U-16. Beberapa waktu lalu, Bima membawa Garuda Asia finis sebagai juara di ajang U-16 di Indonesia.

Menariknya, Bima yang semasa karirnya bermain sebagai gelandang tengah ini diminta oleh Indra untuk membersamai skuad Timnas U-22. Semasa aktif bermain, Bima merupakan sosok jenderal lapangan tengah yang sangat disegani. Sepanjang karir sepakbolanya sebagai seorang pemain, pemilik nama lengkap Bima Sakti Tukiman ini telah mencatatkan 58 caps dengan Timnas Indonesia dan sukses membuat 12 gol.

Debut pertamanya untuk Timnas Indonesia dilakoni pada tanggal 4 Desember 1995.

2. Kurniawan Dwi Yulianto

Siapa yang tak kenal Kurniawan Dwi Yulianto? Striker ganas yang pernah membela klub Italia Sampdoria hingga klub Swiss FC Luzern ini mendapatkan mandat sebagai asisten Indra Sjafri di SEA Games kali ini.

Kurniawan merupakan legenda hidup Timnas Indonesia. Kurniawan memiliki 59 caps bersama Timnas Indonesia. Sama seperti Bima Sakti, Kurniawan juga menjalani debutnya dengan Timnas Indonesia pada 4 Desember 1995. Namun karena posisinya sebagai seorang striker, Kurniawan berhasil menorehkan catatan gol yang jelas lebih baik dengan total 33.

Baca Juga:  Dari Wasit Utama hingga VAR, Berikut 7 Perangkat Pertandingan Indonesia vs Irak

3. Eko Purdjianto

Bek legendaris Timnas Indonesia Eko Purdjianto juga dibawa Indra ke SEA Games 2023. Dibanding dua nama di atas, Eko merupakan sosok yang sering bekerjasama dengan Indra. Keduanya merupakan kompatriot ketika Timnas Indonesia U-19 berhasil juara Piala AFF U-19 pada tahun 2013 lalu.

4. Sahari Gultom

Untuk posisi pelatih kiper, Indra mengajak Sahari Gultom untuk mengisi jabatan tersebut. Sahari merupakan kiper legendaris PSMS Medan. Pria kelahiran Banda Aceh 2 November 1977 ini pernah menjabat sebagai pelatih kiper di beberapa tim papan atas Liga Indonesia. Seperti PS TNI, PSMS Medan, Sulut United, hingga PSIM Yogyakarta.

5. Alex Aldha Yudi

Untuk posisi pelatih fisik, Indra mengajak Alex Aldha Yudi yang diketahui saat ini bekerja untuk PSIS Semarang. Sebelum bekerja di PSIS, Alex pernah menjadi pelatih fisik di era awal kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments