Intermezzo

Dua Tim Debutan di Piala Dunia U-20 2023, Salah Satunya Dibenci Rakyat Indonesia



NOBARTV NEWS – Dalam daftar 24 kontestan 2023, dua di antaranya merupakan tim debutan. Salah satu tim debutan tersebut merupakan kontestan yang sangat dibenci rakyat Indonesia.

Seperti yang diketahui, 24 tim sudah memastikan tempatnya di Piala Dunia U-20 2023. Menariknya, di even sepak bola terbesar kedua di dunia ini, akan bertindak sebagai tuan rumah.

Sehingga untuk benua Asia, AFC mengirimkan lima perwakilannya. Indonesia selaku tuan rumah dan empat tim lainnya yang merupakan semi-finalis Piala Asia U-20 2023. Empat tim tersebut adalah Timnas Uzbekistan U-20, Irak U-20, Korea Selatan U-20, dan Jepang U-20.

Sementara itu, dari tanah Eropa, UEFA mengirim lima perwakilannya. Jumlah tersebut yang paling banyak di antara benua lainnya (di luar tuan rumah). Mereka adalah Timnas Italia U-20, Inggris U-20, Prancis U-20, Slovakia U-20, dan Israel U-20.

Sepanjang sejarah Piala Dunia U-20 dilangsungkan, Brasil menjadi tim dengan jumlah penampilan terbanyak. Negeri Samba sudah tampil di Piala Dunia U-20 sebanyak 19 kali. Terakhir kalinya Brasil tampil di Piala Dunia U-20 pada tahun 2015 lalu.

Dari zona Concacaf, Timnas muda Amerika Serikat menjadi tim yang paling sering ikut serta untuk zona tersebut. Negeri Paman Sam mengirimkan pemain mudanya sebanyak 17 kali. Bahkan, di edisi terakhir yakni tahun 2019 kemarin, Timnas Amerika Serikat U-20 ikut berpartisipasi.

Sementara itu, Inggris menjadi tim Eropa yang paling sering tampil dengan catatan 12 edisi. Sedangkan di Afrika ada Nigeria dengan jumlah penampilan sebanyak 13 kali dan Korea Selatan dengan 19 kali penampilan untuk wilayah Asia.

Untuk tuan rumah Indonesia, Piala Dunia U-20 2023 merupakan penampilan mereka untuk kedua kalinya. Skuad Garuda muda sudah pernah tampil di edisi serupa pada tahun 1979 lalu. Penampilan kedua kalinya juga ditorehkan oleh Timnas Gambia U-20, Guatemala U-20, Fiji U-20, dan Slovakia U-20.

Sedangkan dua tim yang ikut tampil di Piala Dunia U-20 2023 ini merupakan ajang debut mereka. Dua tim yang dimaksud adalah Timnas Israel U-20 dan Timnas Dominika U-20.

Timnas Israel U-19 sukses melaju hingga babak final U-19 tahun 2022 kemarin. Oleh sebab itu, mereka berhak untuk menjadi wakil Eropa di Piala Dunia U-20 tahun ini. Di babak final tersebut, Timnas Israel U-19 takluk dari Timnas Inggris U-19 dengan skor akhir 1-3.

Mirip dengan Israel U-20, Republik Dominika juga sukses mencapai babak final CONCACAF U-20 Championship tahun lalu. Sayang, tim muda Republik Dominika dilibas 6-0 oleh Timnas Amerika Serikat U-20 di partai final.

Di antara dua tim debutan ini, masyarakat Indonesia sudah tentu sangat familiar dengan tim asal Eropa yakni Israel. Bahkan, sejak tahun lalu dan baru-baru ini, banyak pihak yang menolak kedatangan mereka ke Indonesia. Masyarakat kota Solo sampai partai politik seperti PKS menyatakan ketidaksetujuannya dengan kedatangan Timnas Israel. Mereka dianggap telah menjajah negara Palestina hingga puluhan tahun lamanya. Oleh sebab itu, rasanya tak elok jika mereka datang sementara Palestina merupakan sahabat karib bagi Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments