Timnas Indonesia

Eks Pelatih Timnas Malta Lempar Pujian ke Shin Tae-yong: Dia Memahami Pesepakbola Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Eks pelatih Timnas Malta yang kini membesut PSIS Semarang Gilbert Agius melemparkan pujiannya kepada Shin Tae-yong. Katanya, Shin sangat memahami karakter para pemain Indonesia.

Kinerja Shin Tae-yong bersama memang belum membuahkan trofi sampai saat ini. Akan tetapi, budaya yang sudah ditanamkan oleh pelatih asal Korea Selatan itu sudah sangat baik di skuad Garuda Indonesia. Alhasil, tak heran jika Shin mendapatkan banyak pujian baik dari suporter pada umumnya, pengamat, hingga rekan seprofesinya yakni pelatih.

Diketahui, sejak menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah terlibat di berbagai even bergengsi. Sebut saja seperti 2020 dan 2022, SEA Games 2021, Piala AFF U-19 2022, Piala Asia U-20 2023, dan yang paling baru adalah Piala AFF U-23 2023.

Sayangnya, di beberapa even tersebut, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu selalu gagal. Shin sempat membawa Timnas Indonesia senior hingga partai puncak Piala AFF 2020, ia juga sempat membawa Timnas Indonesia U-23 ke partai final Piala AFF U-23 2023. Tapi sayangnya, skuad yang diasuhnya gagal di kedua even tersebut.

Namun anehnya, di kompetisi yang jauh lebih bergengsi, Shin justru tampil gemilang. Setelah memastikan Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2023 dan Garuda muda di Piala Asia U-20 2023, Shin lagi-lagi membawa Timnas U-23 untuk tampil di even serupa. Pada Kualifikasi September lalu, Shin berhasil membawa skuad U-23 meraih dua kemenangan beruntun. Dua kemenangan tersebut mengantarkan skuad Garuda untuk pertama kalinya mentas di ajang Piala Asia U-23.

Dengan demikian, Shin tercatat sebagai pelatih pertama Timnas Indonesia yang membawa tiga kelompok umur sekaligus untuk berlaga di ajang sepakbola tertinggi di benua Asia. Oleh karenanya, tak heran jika pujian itu selalu disematkan kepadanya – walaupun pada kenyataannya Shin memang belum bisa memberikan trofi apapun untuk Indonesia.

Pujian-pujian itu sempat disampaikan oleh pengamat sepakbola Coach Justin beberapa waktu lalu.

“Jelas kerjaan STY ada hasilnya, bukan hanya dari skor tapi juga permainan. Itu sudah puluhan kali saya bilang,” kata Coach Justin September lalu.

Dan kini, pujian tersebut kembali datang dari salah satu tokoh sepakbola tanah air. Adalah Gilbert Agius, eks pelatih Timnas Malta yang kini menukangi PSIS Semarang itu tak segan-segan melemparkan pujiannya kepada Shin Tae-yong. Kata Gilbert Agius, Shin Tae-yong saat ini sedang melakukan pekerjaannya dengan sangat bagus bersama Timnas Indonesia.

“Menurut pendapat saya, Shin Tae-yong saat ini melakukukan pekerjaan yang sangat bagus bersama timnas Indonesia,” kata Gilbert Agius.

“Saya pikir, dia pasti memahami semua pesepak bola yang ada di Indonesia,” ujarnya menambahkan.

“Saya pikir, dia juga sudah memanggil pemain-pemain terbaik untuk memperkuat timnas Indonesia,” pungkasnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid