Timnas Indonesia

Hanya Bawa 2 Kiper ke SEA Games 2023, Begini Alasan Indra Sjafri

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Dalam daftar 20 pemain yang dibawanya ke SEA Games 2023, Indra Sjafri hanya memasukkan 2 pemain dengan yang berposisi sebagai penjaga gawang.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa peraturan yang sedikit berbeda untuk SEA Games kali ini. Penyelenggara yakni Kamboja membuat sedikit peraturan yang berbeda dari biasanya. Di edisi sebelumnya, dalam 20 pemain yang didaftarkan untuk cabang olahraga sepak bola putra, setiap tim diperbolehkan untuk membawa tiga pemain senior di atas usia 23 tahun. Selain itu, usia maksimal untuk seluruh pemain (di luar 3 kuota senior tersebut) di edisi SEA Games sebelumnya adalah 23 tahun.

Akan tetapi, untuk tahun ini, ada perubahan yang sedikit berbeda. Kamboja menghapus kuota senior untuk SEA Games 2023. Selain itu, usia maksimal untuk pesepakbola yang didaftarkan harus 22 tahun.

Meskipun demikian, dikarenakan dimayoritasi oleh para pemain muda, banyak pemain SEA Games edisi sebelumnya (2021) yang ternyata masih bisa masuk ke edisi tahun ini. Sebut saja seperti Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Rio Fahmi, Alfeandra Dewangga hingga Marselino Ferdinan. Pemain-pemain tersebut merupakan andalan Shin Tae-yong (pelatih SEA Games 2021) yang masih bisa terpakai untuk edisi kali ini.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Bahkan, di edisi sebelumnya, sang kiper yakni Ernando Ari kembali diandalkan oleh Timnas Indonesia. Saat itu, Ernando Ari merupakan salah satu pemain yang dipanggil dengan posisi sebagai penjaga gawang. Selain dirinya, STY juga mengandalkan kiper lainnya yakni Muhammad Adi.

Adapun di tahun ini, lagi-lagi Timnas Indonesia hanya mengandalkan dua pemain dengan posisi kiper. Mereka adalah Ernando Ari dan Muhammad Adi Satryo.

Mengenai alasannya hanya memanggil dua pemain dengan posisi sebagai kiper, sang pelatih Indra Sjafri angkat suara. Kata Indra, untuk posisi kiper, setiap tim diperbolehkan untuk memanggil pemain baru andaikata terdapat kiper yang mengalami cidera serius dan divonis tidak bisa melanjutkan kompetisi hingga selesai.

“Tidak ada regulasi, kiper cedera ya diganti kiper. Ya boleh (datangkan pemain lain). Tidak ada batas waktunya, pokoknya kalau dia permanen cedera itu boleh dipanggil,” kata Indra Sjafri.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Akan tetapi, Timnas Indonesia tak bisa memilih pemain dengan serampangan. Pemain yang dipilih harus berasal dari daftar 50 pemain yang sudah didaftarkan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) ke SEA Games 2023. Dan jika nantinya hal buruk terjadi kepada salah satu kiper Timnas Indonesia di SEA Games 2023 tersebut, maka pemain yang akan menggantikannya adalah Daffa Fasya Sumawijaya.

“Harus dari 50 pemain (yang didaftarkan). Tidak boleh keluar dari 50,” tambahnya.

“Makanya kita putar otak, kita mau pakai 3 atau 2 kiper. Kalau 3 kiper resikonya pemain hanya 17, kalau 2 kiper cedera satu,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments