Timnas Indonesia

Israel Bakal Main di Indonesia, Erick Thohir: Negara Menjamin Kedatangan Siapapun!



NOBARTV NEWS – Timnas Israel U-20 menjadi satu dari lima perwakilan Eropa yang akan mentas di 2023. Namun sebagaimana diketahui, Israel dan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik sehingga secara hukum, pemain atau warga Israel tidak boleh masuk ke Indonesia. Akan tetapi, untuk Piala Dunia U-20 ada pengecualian. Bahkan Erick Thohir menjamin kedatangan mereka.

Selain Israel, empat negara Eropa yang sudah pasti bakal mentas di Piala Dunia U-20 adalah Timnas Inggris, Italia, Prancis, dan Slovakia.

Nantinya, kelima tim yang disebutkan sebelumnya, adapula perwakilan dari Concacaf, Conmebol, Oceania, Asia, hingga Afrika yang bakal bersaing di even tersebut.

Sejauh ini, baru 18 tim yang sudah dinyatakan lolos termasuk . Tinggal menyisakan 6 tim lagi yang terdiri dari dua wakil dari Afrika dan empat dari Asia. Untuk Asia, empat perwakilannya akan ditentukan lewat Piala Asia U-20 2023. Tim yang berhasil masuk ke babak semifinal akan mewakili Asia di kancah sepak bola internasional itu.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Oleh sebab itulah, ketika tim-tim lain saling sikat demi mencapai babak semifinal Piala Asia U-20 yang sedang diselenggarakan saat ini, skuad Garuda muda justru tidak. Sebab anak asuh Shin Tae-yong itu sudah dipastikan lolos sehingga Piala Asia U-20 tak ubahnya seperti ajang pemanasan sebelum Piala Dunia U-20. Meski demikian, STY tetap meminta anak asuhnya untuk tampil seolah-olah mereka belum lolos ke Piala Dunia U-20.

Keistimewaan (lolos ke Piala Dunia U-20) yang didapatkan Indonesia tak lepas dari statusnya sebagai tuan rumah. Sama seperti Qatar di kemarin.

Nah, dikarenakan Indonesia bakal menjadi tuan rumah, maka ke-23 kontestan lainnya yang terdiri dari berbagai negara – termasuk Israel dipastikan akan datang ke tanah air. Mereka akan mengikuti even tersebut – sama dengan puluhan tim nasional yang tahun lalu mendatangi Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia 2022.

Namun menariknya sekaligus yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana dengan tim nasional Israel itu?

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Sebab diketahui, kedua negara ini tidak memiliki hubungan diplomatik – sehingga warga negara Israel – termasuk dengan pemain tim nasional tersebut dilarang untuk memasuki wilayah Indonesia. Namun beruntungnya, di Piala Dunia U-20 ini peraturan tersebut tidak berlaku. Jadi, mereka diperbolehkan untuk datang dan berpartisipasi dalam ajang sepak bola tersebut.

Hal ini pun menjadi perhatian Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Erick mengatakan kalau negara telah menjamin seluruh kontestan untuk datang ke Indonesia – termasuk Timnas Israel tadi.

“Banyak isu-isu lain [yang dibahas dengan FIFA] seperti logistik, keamanan, operasional lain yang butuh perbaikan. Tentu ini butuh dukungan penuh, nah khususnya mengenai tim-tim yang akan bermain. Saya rasa konteksnya kita tidak bisa melihat masing-masing negara,” buka Erick.

Adapun terkait kedatangan Timnas Israel nanti, Erick menyebut Indonesia wajib untuk menerima mereka.

“Saya rasa kalau masalah tim-tim yang ada, kemarin kejuaraan menembak, bulutangkis, semua kita harus menerima negara manapun. Termasuk sengketa China dengan Taiwan, itu konsekuensi, atau kita tidak bidding sama sekali,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

13 Comments