Timnas Indonesia

STY Sesalkan Proses Naturalisasi Shayne Pattynama yang Belum Rampung

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong menyayangkan proses naturalisasi Shayne Pattynama yang belum juga selesai.

Seperti yang diketahui, nama Shayne Pattynama awalnya masuk dalam daftar 28 pemain yang dipersiapkan STY jelang laga melawan Timnas Burundi. Laga tersebut dilangsungkan pada malam hari tadi dan akan kembali digelar pada 28 Maret mendatang. Untuk stadion yang akan digunakan, PSSI memastikan bahwa Stadion Patriot Candrabhaga, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat akan kembali digunakan – sama seperti laga semalam.

Namun sayangnya, dalam daftar 28 pemain yang diumumkan STY itu kemarin, terdapat dua nama yang dipastikan tak bisa hadir. Pertama adalah Egy Maulana Vikri dan kedua Shayne Pattynama. Egy MV tak bisa memenuhi panggilan karena yang bersangkutan dikabarkan sedang mengalami cidera.

Namun beruntungnya, STY menemukan pengganti Egy. Eks pemain Lechia Gdansk itu digantikan oleh gelandang asal Borneo FC Stefano Lilipaly. Kabar baiknya, di laga pertama melawan Burundi tadi malam, Lilipaly tampil impresif. Pergerakan serta skillnya membuat barisan lini belakang Burundi cukup kewalahan. Bahkan, Lilipaly menyumbang satu assist untuk gol Yakob Sayuri. Di laga tersebut, Timnas Indonesia menang telak dengan skor akhir 3-1. Dua gol lainnya dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Rizky Ridho.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Pemain kedua yang tak bisa hadir dalam laga Timnas Indonesia itu adalah Shayne Pattynama. Bek sayap Viking FK itu ternyata belum menyelesaikan proses perpindahan federasi. Padahal, dari keterangan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali sebelumnya, ia mengaku bahwa nama Pattynama sudah selesai melalui tahap perpindahan federasi itu. Hal itu pula yang mendasari pemanggilan sang pemain. Namun pada kenyataannya, proses tersebut belum rampung sampai saat ini.

Akibat hal tersebut, Shin Tae-yong angkat bicara. Pelatih asal Korea Selatan itu kesal karena proses perpindahan federasi Pattynama belum selesai. Padahal, andaikata proses tersebut bisa dikebut sejak ia melakukan sumpah WNI Januari lalu, maka di FIFA Matchday kali ini ia sudah bisa turun untuk melakukan debutnya.

“Ini sangat disayangkan, Shayne sudah berusaha banyak sekali untuk mendapatkan WNI. Harusnya sampai sekarang sudah selesai proses perpindahan federasi, tapi belum dilakukan sampai saat ini, sangat disayangkan,” kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Selain Pattynama, satu pemain lainnya juga dipastikan gagal debut dengan Timnas Indonesia. Pemain yang dimaksud adalah Sandy Walsh. Berbeda dengan Pattynama, Sandy Walsh sudah selesai melakukan perpindahan federasi sejak tahun lalu. Namun sayangnya, ia tak bisa memperkuat Timnas Indonesia karena tengah mengalami cidera.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment