Timnas Indonesia

Leg Kedua Vietnam Vs Indonesia Dipimpin Yusuke Araki, Wasit yang Pernah Rugikan Indonesia di Tahun 2018!



NOBARTV NEWS – Yusuke Araki resmi ditunjuk AFF untuk memimpin leg kedua semifinal 2022 antara Timnas Vietnam Vs Indonesia. Beberapa tahun lalu, sang wasit pernah memimpin sebuah pertandingan yang disebut-sebut merugikan .

Pada tahun 2018 tepatnya pada tanggal 14 Januari, Yusuke memimpin sebuah antara Indonesia vs Islandia. Laga tersebut dihelat di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Tiga di antara punggawa skuad Garuda di Piala AFF 2022 ini tampil di ajang tersebut. Ketiganya adalah Egy Maulana Vikri, Hansamu Yama Pranata, dan Fachruddin Aryanto.

Saat itu, banyak keputusan Yusuke yang bisa dijadikan perdebatan. Pasalnya, wasit asal Jepang itu sangat gampang memutuskan pelanggaran untuk tim tuan rumah namun tidak untuk tim tamu. Dengan mudah Yusuke memberikan hadiah penalti dan tendangan bebas untuk skuad Islandia.

Sikap yang terkesan berat sebelah itu membuat suporter Indonesia meneriakinya. Pada akhirnya, skuad Garuda tumbang 1-4 dan dua pemainnya mendapatkan kartu kuning. Dua pemain yang dimaksud adalah Hansamu Yama Pranata dan Bayu Pradana.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Selain pernah menjadi pengadil untuk laga Indonesia Vs Islandia, Yusuke juga pernah menjadi wasit utama di laga Asian Cup U-23. Saat itu, ia memimpin pertandingan antara Arab Saudi U-23 melawan Vietnam U-23. Di skuad Vietnam U-23, Park bukanlah pelatih bagi tim muda The Golden Stars Warriors itu. Hanya saja, saat itu, tim muda Vietnam mendapatkan hasil yang sangat buruk.

Laga babak perempatfinal itu memaksa Timnas Vietnam U-23 mengalah. Tak hanya itu, kiper utama mereka Van Chuan Quan mendapatkan hal yang tidak mengenakkan. Kiper Hanoi FC itu mendapatkan kartu merah yang diberikan oleh Yusuke. Satu pemain Vietnam lainnya yakni Duy Cuong Luong juga diganjar kartu kuning.

Sementara itu, tak satupun pemain Arab Saudi yang mendapatkan kartu kuning di laga tersebut.

Atas kepemimpinan yang terkesan kasar kepada Indonesia dan juga Vietnam itu, kedua tim harus bermain ekstra hati-hati di laga nanti. Sebab beda pelatih, beda pula cara mengambil keputusan dalam sebuah memimpin pertandingan. Bukan tidak mungkin Yusuke akan mudah mengeluarkan kartunya di laga tersebut.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Adapun asisten wasit 1 dan 2 di laga leg kedua nanti akan dipegang oleh Kota Watanabe dan Yusuke Hamamoto. Sementara itu, wasit keempat akan diemban oleh Souei Vongkham asal Laos.

Terlepas dari siapa yang memimpin pertandingan esok, skuad Garuda jelas lebih diunggulkan di laga yang akan dihelat di My Đình Stadium itu. Sebab sebagaimana diketahui, di leg pertama kemarin, Timnas Indonesia mampu menahan imbang Vietnam 0-0.

Maka daripada itu, Marc Klok dkk hanya butuh bermain imbang 1-1 atau menang tipis 1-0 untuk lolos ke babak final Piala AFF 2022.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

15 Comments