Timnas Indonesia

Cetak Gol di Liga Korea, Asnawi Lewati Rekor Legenda Timnas Indonesia, Ricky Yakobi



Cetak Gol di Liga Korea, Asnawi Lewati Rekor Legenda Timnas Indonesia, Ricky Yakobi
Asnawi Mangkualam Bahar

NOBARTV NEWS – Gol Asnawi beberapa waktu lalu merupakan gol pertama sang pemain sejak hijrah ke klub kasta kedua , Ansan Greeners. Selain itu, gol tersebut tercatat sebagai rekor baru bagi sang pemain. Gol mantan pemain PSM Makassar tersebut menjadi gol pertama yang berhasil dilesakkan pemain asal Indonesia sepanjang sejarah berdirinya Liga Korea maupun Jepang.

Asnawi tiba di Korea satu setengah tahun yang lalu. Ia mendapatkan kesempatan masuk sebagai skuad Ansan tak lepas dari andil pelatih , Shin Tae-yong.

Berkat koneksi yang dimiliki Shin, Asnawi kemudian diperkenalkan ke pihak Ansan. Sejak saat itulah, Asnawi resmi berseragam tim asal kota Ansan itu. Coach Shin memberikan jaminan bahwa Asnawi bisa diandalkan – sebagaimana ia mengandalkan sang pemain ketika bermain untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Pasang surut berganti, pelatih Ansan mengalami beberapa kali pergantian.

Asnawi yang biasa ditaruh sebagai bek sayap diotak-atik oleh beberapa pelatih. Ia pernah menempati posisi gelandang hingga penyerang sayap. Bahkan ia mengalami pasang surut penampilan. Asnawi pernah terlempar dari skuad utama – sampai diganti ketika beberapa menit masuk ke lapangan.

Termutakhir, ketika Ansan ditangani oleh Lim Jong-heon, Asnawi akhirnya menemukan secerah harapan.

Di bawah pelatih sementara yang menggantikan Cho Min-kook itu, Asnawi diberikan kesempatan lebih. Ia sering bermain penuh dan yang terpenting, Asnawi menempati posisi favoritnya sebagai bek sayap lagi.

Kesempatan itu tidak disia-siakannya. Di laga melawan Gimpo Citizen dalam lanjutan K2 League kemarin, Asnawi berhasil cetak gol – yang di mana gol tersebut melewati rekor yang pernah ditorehkan oleh legenda sepak bola Indonesia, Ricky Yakobi.

Pada tahun 1988 lalu, Ricky hijrah ke salah satu klub Jepang, Matsushita. Selama berkarir di sana, Ricky berhasil mencetak 1 gol dari 6 penampilan. Namun sayang, saat itu, masih berstatus liga semi-pro. Label J-League yang kita kenal saat ini diperkenalkan pada tahun 1992.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Beberapa nama pemain Indonesia juga pernah memperkuat klub Jepang. Seperti Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly. Namun sayang, keduanya sangat jarang mendapatkan kesempatan (bermain) sehingga tak satu gol pun yang berhasil mereka torehkan.

Dengan demikian, Asnawi pun berhak menyematkan dirinya sebagai pencetak gol pertama asal Indonesia untuk klub profesional di kasta manapun untuk Liga Korea Selatan maupun Jepang.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid