Timnas Indonesia

Profil Iqbal Gwijangge, Kapten Timnas U-16 yang Ingin Dijadikan Anak Angkat oleh Ketum PSSI



Profil Iqbal Gwijangge, Kapten Timnas U-16 yang Ingin Dijadikan Anak Angkat oleh Ketum PSSI
Iqbal Dwijangge

NOBARTV NEWS – Nama Iqbal Gwijangge menjadi trending topik usai U-16 sukses melumat sang rival, Vietnam dalam matchday terakhir grup A U-16. Berkat kehilaiannya menjaga lini belakang Garuda Asia, kapten Timnas U-16 itu memantik perhatian Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu bahkan ingin menjadikan Iqbal sebagai anak angkatnya.

Sejak mengawali matchday pertama hingga terakhir grup A Piala AFF U-16, Bima Sakti selalu menurunkan pemuda asal Jawa Barat ini. Iqbal juga dipercaya memimpin teman-temannya dari lini belakang. Penampilan Iqbal sangat ciamik. Bahkan, berkat aksi-aksinya mengawal lini belakang Garuda Asia, hasilnya sungguh mengagumkan. Dari tiga pertandingan di fase grup, hanya satu gol yang bersarang ke gawang skuad Timnas Indonesia.

Iqbal memang bukan satu-satunya pemain yang berperan di lini belakang. Namun berkat kepemimpinannya, Garuda Asia pada akhirnya sukses melumat Vietnam sekaligus memastikan langkah mereka menjadi tim pertama yang memastikan diri lolos ke babak semifinal.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengomentari kemenangan skuad asuhan Bima Sakti itu. Iriawan mengaku bangga – hingga terbesit keinginannya untuk menjadikan Iqbal sebagai anak angkatnya.

Iqbal akan dirawat, dijaga, hingga kelak ia mendapatkan pekerjaan yang pantas.

“Yang jelas mereka cukup melakukan yang terbaik, dan ini harapan masa depan kita U-16, kita akan kawal. Bahkan Iqbal mungkin saya angkat jadi anak saya. Kebetulan Iqbal [berdarah] Papua, dia ada di Bandung, saya akan kawal sampai dapat pekerjaan nanti, sampai lulus,” ujar Iriawan.

Rupa-rupanya, ucapan Iriawan tersebut telah disampaikan langsung oleh Iqbal kepada orangtuanya. Iqbal mengucapkan terima kasih lalu membocorkan respon sang orang tua.

“Alhamdulillah. Orang tua saya juga bilang alhamdulillah,” ujar Iqbal menanggapi.

Lalu, siapa Iqbal sebenarnya? Bagi yang belum tahu, silakan simak profil di bawah ini.

Iqbal Gwinjangge merupakan pemuda kelahiran 29 Agustus 2006. Ia lahir di Sumedang, salah satu kabupaten di Jawa Barat. Meski lahir dan besar di Jawa Barat, namun Iqbal memiliki darah Papua dalam dirinya.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Berposisi sebagai bek, karir Iqbal dimulai dari klub Jawa Barat, Bandung Pro United. Saat ini, Iqbal sudah tidak membela klub tersebut. Sebab kini, ia memperkuat tim muda Bhayangkara FC U-16.

Darah atlet bukan murni berasal dari dirinya. Orang tua Iqbal, Besinah Haluk merupakan atlet angkat besi dari Jawa Barat. Meski tidak memilih profesi yang sama dengan orangtuanya, namun tekad untuk menjadi atlet profesional itulah yang diturunkan kepada sosok Iqbal.

Dan kini, pemuda dengan tinggi 179cm itu akan kembali memperkuat Timnas Indonesia U-16 di babak semifinal. Babak grup sudah berhasil ia lewati. Tinggal menunggu, apakah Iqbal mampu membawa Garuda Asia terbang setinggi-tingginya.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment