Timnas Indonesia

Tidak Cuma di SEA Games Saja, Ketum PSSI Pastikan Indra Sjafri Tetap Pegang Timnas U-23



NOBARTV NEWS – Keberhasilan Indra Sjafri membawa sebagai kampiun SEA Games 2023 membuat Erick Thohir menetapkannya sebagai pelatih untuk seterusnya. Jadi, tak hanya di SEA Games saja, namun Indra akan tetap melatih skuad Timnas U-23 untuk laga-laga berikutnya.

Sebagaimana diketahui, pada SEA Games 2023 tahun ini, Timnas Indonesia U-22 resmi keluar sebagai juara. Dengan demikian, mereka pun berhak mendapatkan medali emas. Medali emas tersebut didapatkan dengan penuh perjuangan.

Pasalnya, di babak final yang berlangsung di Olympic Stadium Phnom Penh Kamboja Selasa malam (16/05) kemarin, Marselino Ferdinan dkk dihadapkan dengan tim kuat Thailand U-22. Laga melawan Timnas Thailand U-22 berjalan penuh dengan perjuangan. Laga tersebut juga dipenuhi dengan momen-momen dramatis yang menguras emosi. Tidak hanya pemain saja, namun suporter kedua tim dibuat ‘kejang-kejang' dengan laga penuh tensi itu.

Bagaimana tidak, di injury time babak kedua, ketika skuad Garuda hampir dipastikan memenangkan pertandingan, namun ternyata tim lawan mampu menyamakan kedudukan. Disamakannya kedudukan itu sempat membuat suasana tegang. Pasalnya, pemain Thailand U-22 terpantau melakukan selebrasi di hadapan bench Timnas Indonesia. Hingga pada akhirnya, wasit mengeluarkan banyak kartu akibat kerusuhan yang diawali dari selebrasi berlebihan itu.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Setelah peluit panjang babak kedua dibunyikan, wasit akhirnya memberikan waktu tambahan 2×15 menit. Kali ini, giliran Timnas Indonesia U-22 yang melakukan selebrasi serupa. Tak lain karena di awal-awal babak pertama extra time tersebut, Irfan Jauhari mampu mencetak gol cepat. Alhasil, kericuhan kedua tak terhindarkan karena selebrasi balasan yang dilakukan Timnas Indonesia U-22.

Hingga pada akhirnya, setelah gol Irfan Jauhari itu, skuad Garuda mencetak dua gol tambahan lainnya masing-masing dari kaki Fajar Fathurrahman dan Beckham Putra. Alhasil, Timnas Indonesia U-22 menang meyakinkan 5-2 dan berhak mendapatkan medali emas setelah 32 tahun lamanya.

Atas prestasi yang diraih oleh skuad Garuda itu, Erick Thohir memutuskan untuk tetap memberikan kursi kepelatihan Timnas Indonesia U-23 kepada Indra Sjafri. Dengan demikian, Shin Tae-yong akan fokus untuk menukangi Timnas Indonesia senior saja. Indra Sjafri sendiri dipilih PSSI kala itu untuk menjadi pelatih sementara SEA Games 2023. Setelah itu, posisinya akan diambil alih oleh STY lagi. Sebab ketika dipilih sebagai pelatih di SEA Games 2023, saat itu Indra berstatus sebagai Direktur Teknik PSSI.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Atas ditetapkannya status Indra sebagai pelatih tetap untuk Timnas Indonesia U-23, maka jabatan Direktur Teknik PSSI akan diisi oleh orang lain. Kabarnya, PSSI akan mencari Direktur Teknik baru dari luar negeri.

Sementara itu, bagi Indra sendiri, di waktu dekat dengan jabatan barunya ini, ia akan menukangi skuad Garuda di ajang di China.

“Saya ingin memberi kesempatan kepada coach Indra (Sjafri) dan juga para pemain SEA Games untuk Asian Games,” kata Erick Thohir.

“Ada kualifikasi kejuaraan dunia untuk 2026 yang dimulai Oktober dan November, lalu kita mau training camp tiga Minggu mulai 20 Desember untuk Piala Asia. Nah jadi alhamdulillah saya punya dua coach jagoan,” ujar Erick menambahkan.

Terkait pembagian tugas tersebut, Erick mengaku STY sudah menyetujuinya.

“Kami bagi tugas, coach Shin Tae-yong akan yang itu ( 2026 dan Piala Asia 2023), coach Indra yang satunya (Asian Games 2022).”

“Saya sudah bicara ke mereka dari hati ke hati, ya kita harus kompak harus bersatu ya, ini kita jangan sampai tim nasional kita ya dipuji terbang, nanti dikritik jatoh, ini kita harus jaga itu, jadi kita benar-benar harus persiapkan,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid