Timnas Indonesia

Mundur dari Waketum PSSI, Yunus Nusi Jabat Sekjen Lagi



NOBARTV NEWS – Meski sudah mundur sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, namun Yunus Nusi tak serta merta keluar dari Federasi Sepak Bola Tertinggi di Indonesia itu. Berdasarkan pengakuan Menpora RI Zainudin Amali, Yunus tetap menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PSSI.

Sebagaimana diketahui, dalam Kongres Luar Biasa PSSI Kamis kemarin, sejatinya yang berhak mendampingi Erick Thohir sebagai Wakil Ketua Umum PSSI 1 dan 2 adalah Ratu Tisha dan Yunus Nusi. Di perhitungan suara ulang, Ratu Tisha menempati posisi pertama disusul Yunus Nusi dan di posisi ketiga atas nama Zainudin Amali.

Dengan demikian, Tisha dan Yunus berhak maju menjadi tangan kanan Erick Thohir. Namun kenyataannya tidak. Usai KLB tersebut, Yunus Nusi memundurkan diri sehingga Amali yang berada di peringkat ketiga naik menggantikannya sebagai Waketum PSSI bersamaan dengan Ratu Tisha.

Saat itu, Yunus mengkalim kalau ia tak lebih pantas menjabat sebagai Waketum dibanding dengan Zainudin Amali yang secara bersamaan merupakan Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Saya langsung menyampaikan bahwa saya tidak pantas sebagai Wakil Ketua PSSI kecuali Pak Zainudin Amali. Dia sangat layak untuk posisi ini. Saya sangat ikhlas. Sekali lagi, ini untuk kepentingan sepak bola Indonesia,” kata Yunus Nusi saat itu.

Namun lucunya, satu hari berselang atau pada Jumat malam, Yunus Nusi, Zainudin Amali, dan eks Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tampak hadir dalam sebuah Turnamen Mini yang diadakan oleh PSSI. Saat itu, skuad Garuda muda menghadapi Timnas Fiji U-20. Pemandangan tersebut terekam kamera pertandingan. Secara kebetulan, kamera menyoroti ke-tiganya.

Usia laga, Amali menyempatkan diri untuk menjawab beberapa pertanyaan dari wartawan. Pertanyaan tersebut terkait kapasitas Yunus Nusi dan dirinya saat ini. Anehnya, Amali mengkalim bahwa Yunus masih menjabat sebagai Sekjen PSSI, sama seperti jabatan yang ia emban di era kepemimpinan Mochamad Iriawan.

“Ini tanya dia. Saya masih manggilnya Sekjen kok. Sekjen tetap, Tidak diganti. Ini masih Sekjen dia,” kata Amali yang berdiri di samping Yunus Nusi.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Mendengar perkataan itu, Yunus hanya bisa tersenyum tanpa mengeluarkan sepatah kata pun.

Lebih lanjut, kata Amali, pada Senin tanggal 20 Pebruari, ia dan Erick Thohir akan menghadap Presiden RI Joko Widodo. Keduanya diminta dan akan dimintai jawaban terkait visi, misi, dan program apa saja yang akan mereka wacanakan untuk kemajuan sepak bola tanah air.

Salah satu hal yang mungkin akan diputuskan Jokowi adalah nasib Amali sebagai Menpora RI. Demi menghindari konflik kepentingan, Amali disebut-sebut akan meninggalkan jabatannya sebagai Menpora untuk fokus sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

“Hari Senin saya diterima Pak Presiden. Pak Presiden akan terima saya dan Pak Erick. Saya akan lapor Presiden bahwa saya sudah terpilih. Apapun keputusan Presiden itu yang akan saya jalankan,” terang Amali.

“Konsekuensi dari pilihan itu pasti ada. Saya sudah bilang. Saya ini pembantu Presiden sehingga semua keputusan bukan ada di tangan saya, akan tetapi Presiden Jokowi,” pungkas politikus partai Golkar itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments