Timnas Indonesia

Ada Eks Pemain Almere City, Berikut 4 Pemain Naturalisasi Terbaik Indonesia Sepanjang Masa



NOBARTV NEWS – Program naturalisasi pemain tidak kali ini saja dilakukan. Bahkan, tidak dalam bidang sepak bola saja, cabang olahraga lainnya pun melakukan naturalisasi pemain. Seperti Timnas Basket Indonesia yang mendatangkan beberapa pemain naturalisasi dalam skuadnya. Khusus untuk cabang olahraga sepak bola, berikut 4 pemain naturalisasi yang paling sukses bersama Timnas Indonesia.

Dalam daftar berikut, Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah tentu tidak termasuk. Dan di antara keempat nama berikut, sebelum resmi menjadi WNI, mereka tercatat pernah bermain di kompetisi elit luar negeri. Siapa saja? Berikut daftarnya!

1. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales dinaturalisasi menjelang 2010. Sayang, ketika dinaturalisasi, umur Gonzales saat itu sudah menginjak 33 tahun. Bagi atlet sepak bola, umur 33 tahun sudah tidak dalam masa produktif lagi – lebih-lebih jika ia berposisi sebagai seorang striker. Namun menariknya, Gonzales justru tampil memukau dalam turnamen pertama yang ia ikuti (Piala AFF 2010) itu.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Kini, mantan pemain Club Deportivo Maldonado itu masih aktif bermain sebagai pesepakbola. Padahal, umur Gonzales sudah menginjak 46 tahun. Gonzales merupakan pemain Rans Nusantara yang dipinjamkan ke klub kasta kedua Liga Indonesia PSIM Yogyakarta.

Bersama Timnas Indonesia, striker yang mengawali debutnya pada 21 November 2010 ini telah mencatatkan 32 caps dan menorehkan 13 gol.

2. Irfan Bachdim

Karir Bachdim bersama Timnas Indonesia menanjak ketika Garuda Indonesia dinakhodai oleh mendiang Alfred Riedl. Sama seperti Gonzales, Bachdim juga mendapatkan debutnya di Piala AFF 2010.

Di level klub, Bachdim adalah seorang pengembara. Ia pernah membela beberapa klub luar negeri di Thailand hingga Jepang. Karir muda Bachdim diawali di akademi SV Argon Youth dan Ajax Amsterdam Youth. Sekarang, pencetak 11 gol di Timnas Indonesia ini masih aktif bermain di klub Indonesia Persis Solo.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

3. Diego Michiels

Diego dikenal sebagai bek sayap yang gahar di dalam lapangan. Diego menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia pada 29 Februari 2011. Selama karir sepak bolanya, Diego telah tampil sebanyak 3 kali bersama Timnas senior dan 16 kali dengan Timnas U-23.

Saat ini, eks pemain Go Ahead Eagles ini membela klub Liga 1 Borneo FC.

4. Stefano Lilipaly

Dari keempat daftar pemain naturalisasi ini, hanya Lilipaly yang masih memungkinkan untuk dipanggil Shin Tae-yong lagi. Pasalnya, di kemarin, Lilipaly turut membersamai skuad Garuda Indonesia ke Kuwait.

Eks pemain Almere City ini menjadi salah satu pemain naturalisasi terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Memulai debutnya pada 13 Agustus 2013 lalu, Lilipaly yang kini bermain di Borneo FC ini telah tampil membela Timnas Indonesia sebanyak 27 gol dengan 3 gol. Sedangkan bersama Timnas Indonesia U-23, ia telah tampil dalam 5 pertandingan dengan torehan 4 gol.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment