Timnas Indonesia

Beda Sikap STY kepada Spasojevic: Dulu Beri Kritik, Kini Memuji

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Cideranya Dimas Drajad menjadi angin segar bagi striker lainnya yakni Ilija Spasojevic. Setelah resmi dicoret karena mengalami cidera jelang 2022, Spaso resmi menggantikan posisi Dimas. Kembalinya Spaso pun menjadi berkah bagi dirinya sendiri. Setelah dulu sempat diremehkan STY, pemain naturalisasi asal Montenegro itu kini mendapatkan pujian dari sang pelatih.

Sebagaimana diketahui, Spaso bukanlah nama favorit bagi seorang Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu lebih suka menggunakan pemain muda ketika meracik skuadnya.

Sebagai contoh, di Piala AFF 2020 lalu, STY banyak menggunakan pemain muda. Meski demikian, ia berhasil membawa skuad muda tersebut untuk tampil hingga babak final. Sayang, di perebutan gelar tersebut, anak asuhnya tumbang atas sang lawan Thailand dengan skor agregat 6-2.

Namun tanpa diduga-duga, di Piala AFF 2022 ini, STY pada akhirnya mau tak mau harus menggunakan jasa Spasojevic. Hal ini terpaksa dilakukannya karena ia dalam kondisi terdesak untuk menentukan siapa sosok pengganti yang tepat untuk Dimas Drajad. Maka dipilihlah Spaso yang notabenenya merupakan top skor lokal musim sebelumnya.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Terpilihnya Spaso mengingatkan kita pada ucapan STY pada tahun lalu. Saat itu, Shin dengan gamblang menyebut Spaso sebagai pemain yang muda lelah. Meski dirinya saat itu keluar sebagai top skorer BRI Liga 1, namun kata Shin kualitas Spaso tidak masuk dalam taktik yang ia gunakan.

“Memang Spaso banyak mencetak gol di Liga Indonesia, tetapi saat latihan, kelihatan dia sangat kelelahan untuk memainkan taktik yang saya inginkan,” kata Shin saat itu.

Namun kini, setelah sang pemain mengikuti pemusatan latihan bersama dirinya dan juga skuad Timnas Indonesia lainnya, STY pun berbalik memujinya. Ia yang dulunya mengkritik Spaso, kini memuji sang pemain. Shin menyebut Spaso kini mengalami perubahan yang cukup siginifikan. Baik itu dari sisi mindset, fisik, hingga mental.

“Untuk masalah Spaso, pemain sendiri memang mindsetnya berubah,” kata Shin Tae-yong, kemarin.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

“Dan fisiknya pun meningkat, jadi menjadi baik, mentalnya pun berubah. Saya menantikan Spaso pasti bisa menunjukkan lebih baik dari Spaso yang dulu,” tutupnya.

Menarik untuk menunggu racikan Shin Tae-yong dengan comeback-nya lagi Spasojevic. Sekarang, di skuad Timnas Indonesia terdapat 4 striker yang siap bersaing di posisi inti Piala AFF 2022. Ada Dendy Sulistyawan yang di FIFA Matchday melawan Curacao mencetak gol, adapula Ramadhan Sananta striker PSM yang tak kalah baiknya. Tak hanya keduanya, ada juga Muhammad Rafli yang dalam beberapa turnamen terakhir selalu mendapatkan kepercayaan oleh Shin Tae-yong.

Ketiga striker muda itu harus bersaing melawan Spasojevic – yang meski tak muda namun mendapatkan pujian langsung dari sang pelatih.

Siapa dari keempat striker tersebut yang layak untuk dibawa Shin ke Piala AFF 2022 nanti? Spaso, Deny, Rafli, atau Sananta?

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

10 Comments