Timnas Indonesia

Resmi: PSSI Kontrak Indra Sjafri sebagai Pelatih Timnas U-20 Selama 4 Tahun



NOBARTV NEWS – PSSI memberikan kontrak jangka panjang kepada Indra Sjafri. Indra bakal jadi pelatih U-20 selama empat tahun ke depan.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, Indra Sjafri menjadi nahkoda untuk Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Saat itu, Indra hanya ditunjuk sebagai pelatih sementara oleh PSSI era sebelumnya (Mochamad Iriawan).

Menariknya, meskipun hanya sementara, namun Indra memasang target tinggi bersama Timnas Indonesia. Pelatih asal Sumatera Barat itu menargetkan tim yang diasuhnya keluar sebagai juara di ajang multi olahraga dua tahunan tersebut. Target yang dipasang Indra bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Pasalnya, di even serupa pada tahun 2019 lalu (SEA Games 2019 Filipina), Indra sukses membawa Timnas Indonesia mencapai babak final. Sayangnya, saat itu skuad Garuda kalah 0-3 dari Timnas Vietnam.

Oleh sebabnya, ketika ia ditunjuk sebagai pelatih meksipun hanya sementara, namun ia dengan percaya diri yakin skuad yang dipimpinnya itu bisa meraih medali emas.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Persiapan demi persiapan pun dilakukan Indra Sjafri. Dari seleksi yang memakan waktu satu bulan lebih, hingga uji coba dengan tim sekelas Lebanon dan klub dalam negeri, semuanya dilakukan oleh eks pelatih Timnas Indonesia U-19 itu.

Dan pada akhirnya, usaha yang dilakukannya pun membuahkan hasil. Tampil mengesankan sepanjang fase grup, skuad Timnas Indonesia U-22 akhirnya melaju ke babak semifinal SEA Games 2023. Di babak semi-final hingga final, Indra membuktikan kualitasnya. Bersama skuad Garuda, ia sukses mengalahkan Timnas Vietnam di babak semifinal serta mengalahkan Thailand U-22 di partai puncak. Alhasil, medali emas yang ditargetkannya pun akhirnya kembali ke tanah air.

Pasca meraih hasil positif itu, Ketua Umum PSSI yang baru Erick Thohir pun meminta Indra untuk tetap sebagai pelatih Timnas U-23. Namun baru-baru ini, tepatnya pada hari Kamis kemarin (06/07), PSSI resmi menetapkan Indra sebagai pelatih permanen untuk Timnas Indonesia U-20. Sebagai gantinya, jabatannya di Timnas Indonesia U-23 akan diambil alih oleh Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Bersama Timnas Indonesia U-20, PSSI mengikat Indra Sjafri sebagai nahkoda hingga 4 tahun ke depan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

“PSSI telah sepakat dengan coach Indra Sjafri terkait penunjukan dirinya menjadi pelatih tim U-20 Indonesia serta dan 2027 mendatang,” kata Erick Thohir.

“Kami kontrak selama empat tahun (2023-2027) dan PSSI yakin Indra Sjafri pelatih yang tepat untuk ini,” ujarnya menambahkan.

Dalam kurun waktu empat tahun ini, Indra memiliki tugas yang cukup berat. Pada tahun 2025 mendatang, PSSI meminta Indra untuk membawa skuad Garuda muda lolos ke putaran final yang akan dilangsungkan pada tahun tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment