Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Semakin Matang, STY Pede Bawa Skuad Garuda Juara Piala AFF Edisi Berikutnya

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong berhasil membawa tiga kelompok umur mentas di even bergengsi Piala Asia. Keberhasilan tersebut membuat STY semakin pede untuk membawa skuad Garuda menjuarai even edisi selanjutnya.

Diketahui, sampai detik ini – sejak datang dan melatih Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur, Shin Tae-yong belum pernah memberikan trofi apapun untuk skuad Garuda. Shin gagal di Piala AFF 2020 (runner-up), Piala AFF 2022 (semi-final), SEA Games 2021 (juara ketiga), Piala AFF U-19 2022 (fase grup), Piala Asia U-20 2023 (fase grup), dan terbaru adalah Piala AFF U-23 2023 (runner-up).

Akan tetapi, meskipun sang pelatih gagal di beberapa even tersebut, namun ia sukses membawa tiga kelompok umur Timnas Indonesia lolos ke even sepakbola tertinggi di daratan Asia. Shin berhasil membawa Hokky Caraka dkk mentas di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan beberapa waktu lalu. Selain itu, pada tahun depan (2024), Shin juga akan membersamai tim senior ke Piala Asia 2023 di Qatar. Dan terbaru – pelatih asal Korea Selatan itu telah memastikan langkah Ivar Jenner dkk untuk tampil di 2024 yang juga akan dihelat di Qatar.

Baca Juga:  Dari Wasit Utama hingga VAR, Berikut 7 Perangkat Pertandingan Indonesia vs Irak

Untuk ajang Piala Asia U-23 tersebut, kepastian skuad Garuda mentas di Qatar tahun depan ditentukan pada Kualifikasi Piala Asia U-23 yang baru saja selesai digelar. Tergabung dalam grup K bersama Timnas Taiwan U-23 dan Timnas Turkmenistan U-23, Shin berhasil membawa Ramadhan Sananta dkk meraup enam poin sempurna.

Setelah menumbangkan Timnas Taiwan U-23 sembilan gol tanpa balas, Marselino Ferdinan dkk kembali membungkam Turkmenistan U-23 di laga keduanya. Alhasil, skuad Garuda pun bakal mentas untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Asia U-23 sejak pertama kali digelar.

Keberhasilan Shin tersebut membuat dirinya kini semakin pede untuk membawa Timnas Indonesia menjuarai even Piala AFF. Ya, seperti yang disebutkan tadi, Shin berulang kali gagal ketika memimpin Timnas Indonesia di even sepakbola antar negara Asia Tenggara itu. Namun untuk kali ini – setelah kemenangan di Kualifikasi Piala Asia U-23 kemarin, Shin pede untuk membawa timnya juara di Piala AFF edisi selanjutnya.

Baca Juga:  Kerap Mengganggu, KBRI Doha Minta Fans Tidak Dekati Pemain Timnas Indonesia

“Menurut saya Indonesia memang sangat berkembang,” kata Shin Tae-yong.

“Mungkin sama yang dirasakan masyarakat fans sepak bola Indonesia atau wartawan di sini pasti bisa merasakan jika datang ke lapangan langsung,” ucapnya menambahkan.

“Untuk AFF saya memang ingin juara, tetapi harus bayak yang masuk akal dan pas juga. Untuk saat ini saya berani bisa bicara kita bisa juara kalau ikut AFF lagi.”

“Dan bisa dikatakan kita pasti bisa berebut kejuaraan di AFF. Setidaknya kita tidak akan kalah untuk memperebutkan trofi juara,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid