Timnas Indonesia

Krisis Striker di Liga 1, Persis Solo Minta Maaf Tak Lepas Sananta ke Timnas U-24



NOBARTV NEWS – Beberapa striker Persis Solo absen untuk sementara waktu membela klub asal Jawa Tengah itu. Akibatnya, Ramadhan Sananta yang semulanya mendapat panggilan untuk memperkuat U-24 terpaksa batal memperkuat skuad Garuda.

Seperti yang diketahui, saat ini, Timnas Indonesia U-24 asuhan Indra Sjafri sudah tiba di Hangzhou China. Di sana, skuad Garuda akan bergabung dengan tim-tim lainnya dalam ajang Asian Games 2022 (dilaksanakan tahun 2023).

Ya, di even ini, skuad Garuda tergabung dalam grup F bersama Timnas Kirgistan, China Taipei, dan Korea Utara. Dan di laga perdananya esok (Selasa 19/9), mereka akan berjumpa dengan Timnas Kirgistan.

Sayangnya, beberapa hari sebelum berlangsungnya laga perdana itu, skuad Garuda yang semula berkekuatan 22 pemain kemungkinan besar hanya akan diperkuat oleh 21 nama saja. Pasalnya, satu striker mereka yakni Ramadhan Sananta yang awalnya diproyeksikan tampil dan menyusul rekan-rekannya ke China disebut batal memperkuat skuad Garuda.

Hal itu dikonfirmasi oleh Persis Solo dalam keterangan resminya. Awalnya, tim berjuluk Laskar Sambernyawa itu rela untuk kehilangan sang pemain. Akan tetapi, dikarenakan Persis saat ini tengah krisis striker, maka dengan terpaksa mereka batal melepas pemainnya. Diketahui, beberapa pemain Persis memang sedang tidak bisa memperkuat tim asal Jawa Tengah itu.

Baca Juga:  STY Minta Tolong ke AFC agar Laga Indonesia vs Irak Berjalan Bagus

Irfan Jauhari, striker Persis dan juga Timnas Indonesia U-23 itu mengalami cedera parah dan harus memasuki meja operasi. Irfan terkonfirmasi cedera ACL ketika memperkuat Timnas Indonesia U-23 di U-23 beberapa waktu lalu. Adapun Arkhan Kaka, striker muda Persis ini sedang mengikuti pemusatan latihan di Jerman bersama Timnas Indonesia U-17 jelang keikutsertaannya di 2023. Sementara striker asing mereka yakni Fernando Rodriguez, punggawa asal Spanyol itu sedang berada di negaranya karena urusan keluarga.

“Merujuk pada surat nomor 3632/AGB/560/IX-2023 perihal Pemanggilan Pemain Tim Nasional Asian Games Indonesia yang dikirimkan oleh PSSI ke Persis pada 12 September 2023,” buka Persis Solo di keterangan resminya.

“Bersama dengan rilis ini, Persis memberikan respons sekaligus mengajukan permohonan maaf karena pemain atas nama Muhammad Ramadhan Sananta akan tetap bersama tim untuk mengikuti kompetisi Liga 1 mendatang,” lanjut Persis.

Baca Juga:  Pelatih Irak Jelang Duel dengan Indonesia: Perfoma Mereka Tidak Kebetulan

“Keputusan ini kami ambil dengan mempertimbangkan peran vital Sananta dalam tim untuk melakoni kompetisi Liga 1. Sekaligus menimbang kondisi tim yang sedang memiliki opsi terbatas untuk pemain di posisi penyerang.”

“Saat ini, ada tiga penggawa lini serang Persis yang harus absen yakni Irfan Jauhari mesti menepi karena menderita cedera ACL pasca memperkuat Tim Nasional Indonesia di ajang AFF U-23. Arkhan Kaka harus menjalani menjalani training camp di Jerman guna persiapan Piala Dunia U-17,” jelas media tersebut.

“Dan Fernando Rodriguez harus bertolak ke Spanyol untuk keperluan keluarga.”

Atas dasar itu, dalam keterangan lebih lanjut, Persis terpaksa menahan Sananta.

“Berdasarkan pertimbangan tersebut, dengan berat hati Persis harus mengambil keputusan untuk mempertahankan Sananta karena keterbatasan skuad–khususnya untuk lini serang.”

Tak lupa, dalam kalimat penutupnya, Persis menghaturkan doa semoga Timnas Indonesia U-24 mendapat hasil maksimal selama bertanding di kejuaraan Asian Games 2022.

“Persis mendoakan yang hasil terbaik untuk perjuangan Tim Nasional Indonesia di ajang Asian Games ke-19 yang berlangsung di Hangzhou, Cina. Atas pengertian dan kerjasamanya, Persis ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” pungkas media Persis Solo.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid