Timnas Indonesia

Gibran Usul Stadion Manahan sebagai Salah Satu Venue Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengusulkan stadion Manahan Solo sebagai salah satu venue untuk even 2023.

Seperti yang diketahui, pada tahun ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk ajang sepakbola akbar bertajuk Piala Dunia U-17 2023. Rencananya, even tersebut akan dihelat pada 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah tak lepas dari keputusan FIFA beberapa waktu lalu. Ya, beberapa hari yang sudah lewat, Federasi Sepakbola Dunia itu resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 untuk menggantikan Peru.

Peru dinyatakan batal menjadi tuan rumah karena federasi mereka dan juga Pemerintah Peru sendiri tidak mampu menyiapkan infrastruktur yang memadai dikarenakan krisis yang tengah melanda. Peru sempat dilanda krisis ekonomi sehingga membuat mereka tak bisa mempersiapkan segala macam infrastruktur berikut dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang baik.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Alhasil, FIFA pun memutuskan untuk menarik hak berikut dengan keikutsertaan mereka di ajang tersebut.

Menariknya, Indonesia yang juga pernah mengalami nasib serupa (batal sebagai tuan rumah ) diminta sebagai penggantinya. Indonesia dinilai lebih siap dari segi infrastruktur dan SDM. Terlebih, baru-baru ini mereka (PSSI) sukses mendatangkan tim peringkat satu dunia Timnas Argentina dalam laga bertajuk FIFA Matchday. Setidaknya, keberhasilan kecil tersebut menjadi tolak ukur bagi FIFA untuk menetapkan Indonesia sebagai pengganti Peru.

Nah, sebelumnya, untuk even Piala Dunia U-20 yang batal itu, Indonesia sudah menyiapkan 6 stadion bertaraf internasional. Akan tetapi, bukan berarti ke-6 stadion itu akan pasti digunakan untuk ajang Piala Dunia U-17. FIFA tentunya akan mengevaluasi kembali stadion-stadion yang akan digunakan sebelum even tersebut dilangsungkan.

Baru-baru ini, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengusulkan kepada Erick Thohir untuk menjadikan Stadion Manahan Solo sebagai venue untuk ajang tersebut. Sebelumnya, Manahan merupakan stadion yang dipersiapkan untuk ajang Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Dua jam sebelum diumumkan, saya sudah berkoordinasi dengan Ketua Umum PSSI. Intinya, akan ditinjau kembali kota-kota mana saja yang akan dijadikan venue Piala Dunia U-17,” kata Gibran Rakabuming Raka pada awak media.

“Kalau dari segi fasilitas sudah siap. Kemarin, saat Persis Solo uji coba melawan Persebaya juga cukup baik. Pasti saya selalu mengajukan diri. Sebelum itu nanti juga ada 2024,” ujarnya menambahkan.

“Nantinya kami akan berkoordinasi lagi dengan Ketua Umum PSSI dan Menpora. Selain lapangan kami juga akan menyiapkan akomodasinya juga,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments