Timnas Indonesia

Sumardji Bela Muhammad Ragil yang Dikritik karena Tampil Melempem



NOBARTV NEWS – Manajer U-23 Sumardji membela punggawa skuad Garuda Muhammad Ragil yang tak kunjung memberikan performa mengesankan dari dua pertandingan awal U-23 2023.

Seperti yang diketahui, pada Piala AFF U-23 2023 tahun ini, skuad Garuda muda yang dinahkodai Shin Tae-yong turut berpartisipasi dalam ajang tersebut. Di fase grup, dalam babak drawing yang sudah dilakukan beberapa minggu sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam grup B bersama Timnas Malaysia U-23 dan Timnas Timor Leste U-23.

Dan beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia U-23 sudah menyelesaikan seluruh pertandingannya di fase grup itu. Di laga perdananya, skuad Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan negara tetangga Malaysia U-23 dan di laga keduanya jumpa Timnas Timor-Leste U-23.

Di laga perdana melawan Timnas Malaysia U-23, anak asuh Shin Tae-yong dikalahkan dengan skor tipis 1-2. Sempat unggul lebih dulu lewat kaki Ramadhan Sananta, anak asuh Elavarasan bangkit di babak kedua berkat dwi gol yang dicetak oleh Fergus Tierney.

Adapun di laga kedua versus Timnas Timor Leste U-23, skuad Garuda akhirnya meraih kemenangan dengan skor akhir 1-0. Lagi-lagi, Ramadhan Sananta yang mencetak gol di laga vs Malaysia U-23 kembali menjadi pahlawan di laga ini berkat gol tunggalnya.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Satu kemenangan dan satu kekalahan tersebut membuat Timnas Indonesia U-23 finis sebagai runner-up grup B. Walaupun demikian, mereka tetap dinyatakan lolos ke semifinal dengan berstatus sebagai satu-satunya runner-up terbaik. Sementara itu, tiga tim lainnya yakni Malaysia U-23, Vietnam U-23, dan Thailand U-23 mencapai babak semifinal dengan status juara grup.

Kelolosan Timnas Indonesia U-23 ke babak semifinal memang bisa dikatakan beruntung. Karena hasil pertandingan di grup lain berpengaruh terhadap lolos tidaknya skuad Garuda.

Padahal, skuad Garuda bisa untuk tidak bergantung pada pertandingan lainnya untuk lolos ke babak semifinal itu. Caranya adalah dengan menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan di fase grup. Apalagi, di kedua laga melawan Timnas Malaysia U-23 – lebih-lebih melawan Timnas Timor Leste U-23, skuad Garuda memiliki banyak sekali peluang.

Bahkan, khusus untuk pertandingan versus Timor Leste U-23, lebih dari lima peluang emas didapatkan anak asuh Shin Tae-yong itu. Sayangnya, tak satupun berujung pada gol tambahan. Salah satu pemain yang disorot karena menyia-nyiakan kesempatan untuk bermain ciamik dan mencetak gol adalah Muhammad Ragil.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Untuk diketahui, Ragil merupakan pemain debutan di Timnas Indonesia U-23. Sebelumnya, ia tak pernah mendapat panggilan untuk memperkuat skuad Garuda. Alhasil, di dua laga debutnya yang kurang mengesankan itu, ia menjadi salah satu pemain yang sangat disorot.

Walaupun demikian, sang manajer Timnas Indonesia U-23 Sumardji membela pemain muda milik Bhayangkara FC itu. Kata Sumardji, penampilan yang kurang garang dari Ragil adalah sesuatu yang wajar. Sebab ini merupakan kali pertama ia mendapat kesempatan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

“Jadi kami pun juga sama memberikan begitu kepada Ragil. Mungkin karena dia ini baru pertama kali membela tim nasional. Dia masih membutuhkan mental yang kuat, tangguh, dan semangat tinggi,” kata Sumardji.

“Kalau sudah di tim nasional ya semangatnya jangan disamakan seperti di klub,” katanya menambahkan.

“Saya pribadi sudah ajak bicara dari hati ke hati kepada Ragil. Ketika dikasih kepercayaan, maka dia harus bertanggung jawab kasih lebih tinggi lagi. Dia harus bisa tunjukkan itu kepada negara,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Ketua BTN (Badan Tim Nasional) itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment