Timnas Indonesia

Shin Tae-yong : Jim Croque dkk Tidak Layak Dinaturalisasi!



Shin Tae-yong : Jim Croque dkk Tidak Layak Dinaturalisasi!
Kai Boham

NOBARTV NEWS – Shin Tae-Yong akhirnya memutuskan status tiga pemain muda keturunan yang sempat berlatih bersama U-19. Mereka adalah Jim Croque, Max Christoffel, dan Kai Boham. STY menyebut ketiga pemain tersebut belum layak untuk membela Garuda muda.

Sebelumnya, ketiga pemain tersebut mendapatkan kesempatan untuk berlatih di bawah arahan Shin Tae-Yong secara langsung. Bahkan ketiganya sudah diberi kesempatan tampil dalam laga uji coba Timnas Indonesia U-19 melawan Persija dan Bhayangkara FC sebelum U-19.

Namun, jelang bergulirnya event tersebut, ketiganya diputuskan untuk pulang ke negara asalnya Belanda. Saat itu, STY bungkam. Pelatih asal Korea Selatan itu tidak menjawab apakah ketiganya dinyatakan layak untuk dinaturalisasi atau tidak. Hanya Indra Sjafri, selalu Direktur Teknik PSSI yang memberikan jawaban.

“Pemain muda tersebut kemarin saya disurati oleh STY. Pemain tersebut dikembalikan ke klubnya,” jelas Indra Sjafri beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Nanti kami pantau dari Shin Tae-yong, apakah itu dilanjutkan atau tidak. Statusnya masih seperti itu,” ujarnya menambahkan.

Akan tetapi, baru-baru ini, STY mengabarkan kabar lainnya. Pria kelahiran Yeongdeok, 51 tahun silam itu menyebut Timnas U-19 butuh pemain baru lainnya – dalam artian, para pemain sebelumnya dinilai tak layak untuk melanjutkan proses naturalisasi.

“Timnas Indonesia U-19 membutuhkan pemain baru, termasuk program naturalisasi. Ini harus dilakukan karena persaingan di akan berjalan keras, ketat, dan berat sehingga dibutuhkan pemain yang benar-benar siap dari sisi apapun,” ujarnya.

Selain itu, Shin Tae-Yong meminta kepada PSSI agar di bulan September nanti, Timnas Indonesia U-19 melakukan training center di Eropa. Secara khusus, STY ingin Marselino Ferdinan dkk melakukan pemusatan latihan di Belanda. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Namun, Iriawan akan melakukan rapat terlebih dahulu untuk memutuskan apakah Belanda akan menjadi tujuan utama Timnas U-19. Shin Tae-yong sendiri memiliki alasan memilih Belanda sebagai tujuan – di antaranya adalah banyaknya pemain keturunan Indonesia yang berkarir di sana.

STY ingin mencoba sebanyak mungkin pemain keturunan untuk dinilai apakah salah satu, dua, atau berapapun di antara mereka yang layak untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 tahu depan.

“Kami sedang memilih, apakah Spanyol, Portugal, atau Belanda,” terang Iriawan.

“Kenapa ke Belanda? Karena dari pengajuan Shin Tae-yong, kan pemain keturunan itu banyak di Belanda semua,” tutupnya.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid