Timnas Indonesia

Bikin Bangga! Daffa Fasya Masuk Daftar 5 Pemain Terbaik Piala Asia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Penampilan kiper muda Borneo FC Daffa Fasya mencuri perhatian dalam ajang Piala Asia U-20 2023. Ia masuk dalam daftar pemain terbaik di turnamen tersebut.

Sebagaimana diketahui, skuad Garuda muda tergabung di grup A Piala Asia U-20 2023. satu grup dengan Timnas Uzbekistan U-20, Irak U-20, dan Suriah U-20.

Namun sayangnya, di turnamen tersebut, skuad Garuda muda sudah pulang sejak beberapa hari lalu. Anak asuh Shin Tae-yong itu hanya mampu meraih 4 poin sepanjang keikutsertaannya di turnamen tersebut. Tercatat, armada Shin Tae-yong hanya meraih kemenangan sebanyak satu kali atas Suriah U-20, imbang melawan Uzbekistan U-20, dan dikalahkan Timnas Irak U-20.

Atas hasil tersebut, skuad Garuda muda hanya finis di posisi ketiga dan diminta pulang lebih cepat. Skuad Timnas Indonesia pulang bersama Timnas Suriah U-20 yang finis di peringkat keempat. Adapun Timnas Uzbekistan U-20 dan Irak U-20, kedua tim asal timur tengah itu dipastikan melangkah ke babak berikutnya.

Menariknya, Piala Asia U-20 2023 sudah mencapai babak final. Dua tim yang lolos di grup A tadi yaitu Timnas Uzbekistan U-20 dan Irak U-20 bakal bertemu lagi. Tadi malam, kedua tim yang berada satu grup itu sama-sama mengalahkan lawan-lawannya. Timnas Irak U-20 mempermalukan Timnas Jepang U-20 sedangkan Uzbekistan sukses membungkam Korea Selatan U-20.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Di pertandingan dalam fase grup kemarin, Uzbekistan U-20 sukses membuat malu Timnas Irak U-20 dengan skor akhir 1-0.

Adapun Timnas Indonesia, meski saat ini sudah pulang kampung, namun satu pemainnya yakni Daffa Fasya Sumawijaya masuk dalam deretan lima pemain terbaik. Ya, pemain yang sebelumnya tidak terlalu diperhitungkan itu berhasil menjadi pemain inti di bawah mistar gawang. Bahkan, Daffa membuat kiper utama Timnas Indonesia U-20 sebelumnya Cahya Supriadi hanya berada di bangku cadangan sepanjang turnamen.

Bukan hanya itu saja, atas penampilan cemerlangnya itu, Daffa juga dibawa Shin Tae-yong ke pemusatan latihan Timnas Indonesia senior jelang melawan Timnas Burundi pada 25 dan 28 Maret mendatang. Dijadwalkan, skuad Garuda Indonesia akan bertemu dengan tim asal Afrika Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi pada FIFA Matchday Maret ini.

Dalam laman resminya, AFC menyebut Daffa sebagai salah satu pemain bintang di Asia. AFC juga menyebut Daffa dan empat pemain lainnya sebagai sosok paling bersinar sejauh pelaksanaan Piala Asia U-20 tahun ini.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Mengungkap bintang masa depan Asia. Berlian yang bersinar paling terang sejauh ini,” tulis AFC di laman resminya.

Namun sayangnya, di antara lima pemain yang masuk dalam daftar tersebut, Daffa menjadi pemain dengan rating terendah yakni sebesar 7,7. Sedangkan empat pemain lainnya yakni Naoki Kumata memiliki rating 8,6, disusul Li Hao 7,9 lalu ada Ryoya Kimura 7,8 dan terakhir Seung Jin-young dengan nilai 7,8.

Dilansir dari bola.com, Daffa total telah mencatatkan penyelamatan sebanyak 14 kali dari tiga pertandingannya di fase grup itu.

“Total 14 penyelamatan ini tersebar dalam tiga pertandingan. Empat di antaranya pada laga kontra Irak U-20, enam pada laga melawan Suriah U-20, dan empat lainnya ketika berhadapan dengan Uzbekistan U-20,” tulis bola.com.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment