Timnas Indonesia

Misi STY Di Balik Pemanggilan Pratama Arhan ke Timnas Indonesia, Apa Itu?



NOBARTV NEWS – Ada misi khusus yang menjadi dasar Shin Tae-yong kerap memanggil Pratama Arhan ke . Apa itu?

Nama Pratama Arhan kembali masuk ke dalam daftar pemain Timnas Indonesia yang akan melakukan pemusatan latihan di Turki. Kemarin, Arhan beserta rombongan skuad Garuda sudah berangkat ke negara Eropa tersebut. Selain melakukan pemusatan latihan, Arhan dkk juga akan memainkan beberapa laga uji coba seperti melawan Timnas Libya sebanyak dua kali dan berjumpa dengan Timnas Iran.

Uji coba serta pemusatan latihan ini dilakukan agar skuad Garuda mampu tampil beringas di ajang Piala Asia 2023 nanti. Diketahui, pada even sepakbola terbesar di benua Asia itu, skuad Garuda tergabung dalam grup D bersama raksasa Asia seperti Jepang, tim asal timur tengah, serta tim sesama ASEAN yakni Timnas Vietnam.

Dan di antara banyaknya pemain yang dipanggil ke TC Timnas Indonesia, rata-rata mereka semua adalah pemain inti untuk klub yang dibelanya. Menariknya, ada satu pemain yang tampil sangat minim bersama klubnya namun Shin Tae-yong selalu memanggilnya. Pemain yang dimaksud adalah Pratama Arhan. Dua musim bersama klub Jepang Tokyo Verdy, eks pemain PSIS Semarang itu bermain tak lebih dari 10 pertandingan. Bahkan, di musim ini saja, Arhan cuma turun dalam tiga pertandingan saja. Dua laga di ajang Emperor's Cup serta satu laga lainnya di ajang J2 League.

Kendati demikian, sejak sebelum Arhan bermain di Tokyo Verdy – hingga di saat ia memutuskan untuk hijrah dari klubnya, pemain dengan posisi bek sayap kiri itu selalu mendapat panggilan dari Timnas Indonesia. Musim ini, Arhan adalah satu-satunya pemain yang lebih sering bermain dengan negaranya dibanding bersama klubnya.

Misi STY Di Balik Pemanggilan Pratama Arhan ke Timnas Indonesia, Apa Itu?
Pratama Arhan bersama Timnas Indonesia

Usut punya usut, sang pelatih Shin Tae-yong memiliki alasan khusus kerap memanggil pemain muda terbaik 2020 itu. Shin memiliki misi di balik alasannya tersebut. Katanya, jika dirinya tak memanggil Arhan, maka bisa-bisa karir sang pemain mati.

“Arhan pemain bagus, kalau dia dapat menit bermain di klubnya, maka performa bisa lebih baik daripada sekarang. Namun, ya karena itu [jarang dimainkan], performanya Pratama Arhan semakin turun,” kata Shin Tae-yong.

Selain itu, pemilihan Arhan juga dilakukan Shin demi masa depan Timnas Indonesia. Menurutnya, Arhan adalah sosok pemain yang potensial sehingga dengan sengaja Shin selalu memberikannya satu tempat di skuad Timnas Indonesia.

“Namun, jika timnas Indonesia tidak memilih dia [Pratama Arhan], performanya akan benar-benar mati. Jadi, saya sengaja pilih dia untuk masa depan sepakbola Indonesia,” ucapnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid