Timnas Indonesia

Erick Thohir: Bima Sakti Punya 2 Formasi Unggulan, Saya Tidak Boleh Bocorin!



NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengkalim U-17 memiliki dua formasi unggulan untuk tampil di 2023. Namun demikian, sang Ketum enggan untuk membocorkannya.

Diketahui, skuad Timnas Indonesia U-17 saat ini sedang dalam pemusatan latihan di luar negeri. Pemusatan latihan tersebut dilakukan setelah selama lebih dari satu bulan mereka juga melakukan TC dan uji coba di dalam negeri.

Ya, sebelum berangkat ke luar negeri – tepatnya di Jerman, Arkhan Kaka dkk terlebih dahulu sudah melakukan pemusatan latihan di Indonesia. Tak hanya itu saja, anak asuh Bima Sakti itu juga melakoni beberapa laga uji coba. Tercatat, selama berada di dalam negeri, skuad Garuda Asia melakukan tiga uji coba dengan tim luar negri. Pertama Barcelona Juvenil, kedua Kashima Antlers U-18, dan terakhir Timnas Korea Selatan U-17.

Sayangnya, dari tiga uji coba tersebut, skuad Garuda selalu menelan kelalahan. Mereka kalah dari Barcelona Juvenil 3-0, Kashima Antlers U-18 3-2, dan Timnas Korea Selatan U-17 1-0.

Oleh karenanya, begitu pemusatan latihan di dalam negeri berakhir – skuad Garuda Asia langsung diberangkatkan ke Jerman oleh PSSI. Keberangkatan itu juga sangat berdekatan dengan waktu drawing Piala Dunia U-17 2023 di Zurich Swiss. Usai drawing Piala Dunia U-17 itu dilakukan, skuad asuhan Bima Sakti itu langsung berangkat ke Jerman. Di drawing itu, Timnas Indonesia U-17 tergabung dalam grup A bersama Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17.

Baca Juga:  Skuad Garuda Hadapi Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Adapun di Jerman, tercatat – Nabil Asyura dkk telah melakukan dua laga uji coba. Pertama melawan TSV Meerbusch U-17 dan SC Paderborn Youth. Di laga kontra TSV Meerbusch U-17, skuad Garuda Asia lagi-lagi menelan kekalahan. Namun beruntungnya, di laga versus SC Paderborn Youth, Timnas Indonesia U-17 akhirnya membukukan kemenangan perdananya. Gol tunggal Nabil Asyura membikin skuad Garuda menang dengan skor akhir 1-0.

Tapi sayangnya, sampai detik ini, banyak penikmat sepakbola tanah air – khususnya pecinta Timnas Indonesia pesimis dengan permainan skuad Garuda. Mereka khawatir Timnas Indonesia U-17 menjadi bulan-bulanan tim lain di Piala Dunia U-17 nanti. Pasalnya, dari komposisi skuad yang hanya diisi oleh satu pemain keturunan, ditambah dengan pelatih ‘yang masih dianggap' minim pengalaman, para suporter Timnas Indonesia tak bisa menyembunyikan rasa pesimismenya.

Namun demikian, PSSI sendiri telah mantap memilih Bima. Selain itu, untuk komposisi pemain, PSSI juga tak ikut campur dengan penilaian yang dilakukan Bima beserta stafnya.

Baca Juga:  Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1

Dari keterangan yang disampaikan Erick baru-baru ini, sang Ketua Umum memberikan sedikit informasi terkait Timnas Indonesia U-17. Katanya, Bima memiliki dua formasi unggulan Timnas Indonesia U-17 untuk berlaga di even Piala Dunia U-17 2023. Erick hendak memberikan keyakinan kepada banyak orang agar tidak meragukan kemampuan skuad Garuda di bawah kepemimpinan Bima Sakti.

“Kemarin saya juga dapat laporan beberapa pemain kita yang di luar negeri juga sudah bergabung, seperti Welber (Jardim) sudah mendarat kemarin, sudah latihan,” kata Erick Thohir.

“Kita juga terus mendorong latihan formasi. Saya tidak boleh bocorin. Ada dua formasi unggulan yang secara statistik lebih aman buat kita dengan jumlah pemain yang kita punya,” kata Erick menambahkan.

“Kuncinya nanti disiplin bermain. Karena memang saya rasa lawannya bukan lawan ringan. Ini kejuaraan dunia ya, bukan kejuaraan Asia Tenggara atau Asia,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid