Intermezzo

Stadion Kanjuruhan Mulai Direnovasi pada Juni 2023



NOBARTV NEWS – Kementrian PUPR berencana untuk merenovasi Stadion Kanjuruhan pada bulan Juni mendatang.

Seperti yang diketahui, Stadion Kanjuruhan tak lagi digunakan semenjak Tragedi Kanjuruhan pecah pada tahun lalu. Saat itu, terjadi sebuah tragedi mematikan yang mengakibatkan ratusan jiwa melayang dengan sia-sia.

Tragedi tersebut diawali dengan masuknya beberapa oknum suporter ke dalam stadion pasca pertandingan yang mempertemukan Arema FC dengan sang rival Persebaya Surabaya. Mereka masuk sebagai bentuk kekesalannya usai Arema dipermalukan tamunya 2-3. Mirisnya, beberapa oknum suporter tersebut melakukan tindak anarkis.

Akibatnya, aparat keamanan yang berada di stadion melemparkan gas air mata. Para suporter yang berada di stadion berhamburan keluar untuk menyelematkan diri dari gas air mata tersebut. Mirisnya, ketika proses menyelematkan diri itu, mereka saling injak sehingga membuat korban berjatuhan.

Setelah diinvestigasi, salah satu penyebab dari kejadian mengerikan itu adalah infrastruktur yang tak memadai dari stadion tersebut. Hal itu membuat standar keselamatan di stadion tersebut sangat minim. Investigasi tersebut dilakukan oleh TGIPH (Tim Gabungan Independen Pencari Fakta).

Baca Juga:  Klub Milik Erick Thohir Oxford United Promosi ke Divisi Kedua Liga Inggris!

TGIPH menemui beberapa hal seperti stadion yang tak layak untuk melangsungkan pertandingan dengan resiko tinggi, tidak mempunyai pintu darurat, hingga anak tangga yang kurang ideal.

Oleh sebab itu, dari sekian banyaknya kekurangan tersebut, TGIPH memberikan kesimpulan untuk dilakukan renovasi kepada stadion tersebut.

Berbulan-bulan kemudian, atau beberapa waktu lalu, Kementrian PUPR telah mengumumkan bahwa stadion Kanjuruhan akan segera direnovasi. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian PUPR Endra Sahli.

”Kalau konstruksi itu lagi tahap finalisasi desain, minggu depan kami mulai lelang. Jadi, lelang biasanya perlu waktu 45-60 hari. Kami lelang minggu depan, atau pertengahan April,” kata Endra pada Jumat 7 April kemarin.

Lebih lanjut, menurut perkiraannya, renovasi akan mulai dibangun pada bulan Juni mendatang.

“Jarak 1,5 bulan, berarti [mulai renovasi] sekitar Mei-Juni. Bulan Juni mudah-mudahan kami sudah bisa mulai kerja,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  Klub Milik Erick Thohir Oxford United Promosi ke Divisi Kedua Liga Inggris!

Menariknya, kata Endra Sahli, Kanjuruhan akan dijadikan sebagai stadion percontohan untuk stadion-stadion lainnya. Baik itu dari aspek keamanan, kenyamanan, hingga strukturnya.

“Sekarang ada case yang berat itu Kanjuruhan, kami lihat dari keandalan bangunan gedung, kami audit, ada strukturnya, arsitekturnya, keamanan, kenyamanan dan keselamatan.”

“Itu yang harus dipenuhi dan itu, ‘kan, juga merujuk kepada standar FIFA. Mulai sekarang, stadion-stadion kita semua harus merujuk ke situ,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments