Timnas Indonesia

Resmi: PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong hingga 2027

TOPIK BERITA :


NOBARTV.CO.ID PSSI perpanjang kontrak Shin Tae-yong, Kabar bahagia baru saja diumumkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Erick lewat akun media sosialnya resmi mengumumkan perpanjangan kontrak pelatih Shin Tae-yong.

Kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia pada awalnya tertulis hingga Desember 2023. Kontrak tersebut ditekan ketika PSSI masih dipimpin oleh pendahulunya yakni Mochamad Iriawan.

Di masa kepemimpinannya, Iriawan beberapa kali menyebut pihaknya (PSSI) akan segera memberikan perpanjangan kontrak kepada Shin Tae-yong. Ucapan itu pernah disampaikan Iriawan ketika Timnas Indonesia menang di dua pertandingan uji coba melawan Timnas Curacao. Akan tetapi, saat itu Shin enggan menanggapi rencana tersebut dengan serius.

Hingga pada akhirnya, PSSI pun berganti kepemimpinan. Erick Thohir yang sebelumnya dikenal sebagai mantan Presiden Inter Milan ini akhirnya resmi menduduki jabatan sebagai Ketua Umum PSSI. Dengan pengalamannya di level klub dan beberapa ilmu manajemen lainnya, Erick memiliki sudut pandang yang berbeda terkait dengan ‘kontrak' Shin Tae-yong. Alih-alih memberikan tawaran kepada pelatih asal Korea Selatan itu, Erick justru memberikannya target. Target tersebut adalah dengan membawa dua kelompok umur tim nasional lolos ke dua turnamen berbeda. Pertama adalah Piala Asia 2023 dan kedua Piala Asia U23 2024.

Baca Juga:  Netizen Keluhkan Aksi ‘Cegil Fomo' Ganggu Pemain Timnas Indonesia

Oleh karena itu, ketika masa kontrak Shin akan berakhir menjelang Desember 2023, Erick berinsiatif untuk memberikan Shin perpanjangan kontrak sementara. Kontrak sementara itu hanya bertahan selama beberapa bulan sampai berakhirnya even Piala Asia U23 2024. Dalam kontrak pendeknya, Shin seperti yang disebutkan tadi diberikan dua target mutlak oleh PSSI.

Resmi: PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong hingga 2027
Potret Shin Tae-yong, Erick Thohir, dan punggawa Timnas Indonesia U-23 (sumber: IG @timnas.indonesia)

Secara mengejutkan satu persatu target tersebut ternyata mampu dipenuhi Shin Tae-yong. Pada Piala Asia 2023 yang digelar Januari kemarin, Shin berhasil membawa anak asuhnya menembus babak 16 besar kendati di laga tersebut mereka menelan kekalahan.

Kejutan tersebut kembali terjadi pada Piala Asia U23 2024 yang sedang berlangsung saat ini. Menempati peringkat kedua klasemen akhir grup A dengan catatan dua kemenangan, Shin lagi-lagi membawa anak asuhnya lolos ke fase knock-out alias babak perempatfinal. Dan di babak perempatfinal ini, Shin dan anak asuhnya akan bertemu dengan Timnas Korea Selatan.

Baca Juga:  TC Timnas Indonesia Akan Kedatangan Pemain Baru, Siapa Dia?

Mengingat dua target tersebut telah dipenuhi olehnya, maka sudah sepatutnya PSSI sesegera mungkin mengumumkan terkait kontrak baru sang pelatih. Dan kabar baiknya, jelang duel melawan Korea Selatan di babak perempatfinal, Erick Thohir memberikan kepastian pasti tentang kontrak Shin Tae-yong.

Lewat akun media sosialnya, Erick mengumumkan pembaharuan kontrak Shin. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu menyebut PSSI memberikan kontrak baru kepada STY hingga tahun 2027 mendatang. Artinya, ia akan melanjutkan pengabdiannya untuk Timnas Indonesia selama tiga tahun ke depan.

“Setelah menikmati makanan khas Korea dan diskusi tentang program Timnas Indonesia hingga 2027, saya dan coach Shin Tae-yong sepakat untuk melanjutkan kerja sama,” tulis Erick Thohir di media sosialnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *