Timnas Indonesia

Indra Sjafri Ingin Mainkan Alumnus SEA Games 2023 di Asian Games 2022



NOBARTV NEWS – Indra Sjafri berencana untuk menurunkan alumni SEA Games 2023 di ajang Asian Games 2022 mendatang.

Seperti yang diketahui, pada tahun 2023 ini, eks pelatih U-19 Indra Sjafri memiliki dua agenda bersama skuad Garuda. Agenda pertama yaitu SEA Games 2023 dan agenda kedua yakni Asian Games 2022 (dimainkan tahun 2023).

Untuk SEA Games 2023, even tersebut sudah dimainkan beberapa waktu lalu di Kamboja. Menariknya, di ajang ini Indra Sjafri sukses membawa Timnas Indonesia U-22 keluar sebagai juara. Setelah absen selama 32 tahun lamanya, medali emas untuk cabang olahraga sepak bola putra itu akhirnya kembali ke tanah air. Sekadar diketahui, sebelum merengkuh gelar juara pertama SEA Games 2023 untuk cabor sepakbola putra, skuad Timnas Indonesia terakhir kali meraihnya pada SEA Games edisi 1991. Saat itu, Timnas Indonesia menang atas Thailand dalam even yang digelar di Manila Filipina.

Baca Juga:  Skuad Garuda Hadapi Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Adapun Asian Games 2022, ajang multi olahraga untuk negara se-benua Asia ini akan digelar di Hangzhou China pada 23 September sampai 8 Oktober 2023. Dan untuk ajang ini, Indra Sjafri kembali ditunjuk oleh PSSI sebagai nahkoda untuk skuad Timnas Indonesia.

Di even tersebut pula panitia pelaksana Asian Games 2022 memberikan regulasi berbeda terkait umur peserta. Awalnya, Asian Games hanya memperbolehkan peserta dengan batas maksimal usia 23 tahun. Akan tetapi, dikarenakan covid-19 melanda dan even sempat tertunda satu tahun, maka panitia pun memberikan hak bagi setiap tim untuk mendaftarkan pemain dengan batas maksimal usia 24 tahun.

Akan tetapi, beberapa waktu lalu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir ingin Indra Sjafri menurunkan pemain dengan usia 20 tahun atau pemain yang dipersiapkan untuk tampil di kemarin. Tapi menurut pengakuan Indra, ia justru condong untuk menggunakan pemain yang pernah digunakannya di SEA Games beberapa waktu lalu. Rencana Indra untuk memainkan alumnus SEA Games masuk dalam plan A. Berarti, masih ada rencana (plan) lain yang sedang dipersiapkan oleh sang pelatih.

Baca Juga:  Pemain Irak Dukung Skuad Garuda Kalahkan Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

“Mungkin pemain-pemainnya sebagian besar anak-anak alumnus SEA Games 2023. Itu plan A-nya,” ujar Indra Sjafri dalam wawancaranya bersama bola.com beberapa waktu lalu.

“Nanti kita tunggu saja. Saya akan bikin programnya dulu. Plan A ini, plan B ini,” katanya menambahkan.

Terkait dengan plan B, Indra tak menjabarkannya dengan jelas. Akan tetapi, kemungkinan yang akan menjadi rencana kedua Indra adalah dengan memainkan pemain U-20 yang beberapa waktu lalu batal tampil di Piala Dunia U-20 2023.

“Mungkin dikombinasikan lah. Kalau saya pakai itu kan, rugi. Kalau mau pakai pemain U-20 kelahiran 2005 yang saya akan persiapkan untuk Piala Dunia U-20 2025. Kelahiran 2005-2007, pemain dari timnya Bima Sakti. Kalau saya maunya seperti itu,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment