Timnas Indonesia

PSSI Upayakan Timnas Indonesia Hadapi Lionel Messi cs di FIFA Matchday Juni 2023



NOBARTV NEWS – PSSI telah memastikan satu dari dua calon lawan di FIFA Matchday Juni mendatang. Setelah menemukan kata sepakat untuk mendatangkan Timnas Palestina pada bulan Juni mendatang, PSSI juga dikabarkan tengah berusaha untuk membujuk Lionel Messi cs datang ke Indonesia.

Sebagaimana diketahui, terdapat beberapa kalender FIFA Matchday pada tahun 2023 ini. Periode pertama pada kalender FIFA Matchday tersebut akan dilangsungkan pada bulan Maret ini. Untuk lawannya, PSSI telah memastikan skuad asuhan Shin Tae-yong itu bakal berhadapan dengan tim asal Afrika Timnas Burundi.

Lawan Timnas Indonesia itu diumumkan dengan waktu yang amat mepet dan tergesa-gesa. Ya, pengumuman itu disampaikan PSSI pada Minggu lalu setelah Federasi Sepak Bola Indonesia gagal mendatangkan Timnas Bolivia dan Tajikistan.

Laga melawan Burundi sendiri akan tersaji pada 25 dan 28 Maret 2023. Pertandingan itu akan dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga Kabupeten Bekasi, Jawa Barat.

Berbekal dari pengalaman tersebut, yang di mana penjadwalan untuk laga FIFA Matchday dilakukan serba mendadak, maka Erick selaku Ketua Umum PSSI telah memerintahkan agar calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday berikutnya dijajaki sejak sekarang. Dan benar, tak butuh waktu lama sejak pengumuman melawan Burundi itu, PSSI mengumumkan bahwa di FIFA Matchday periode berikutnya (Juni 2023) skuad Garuda Indonesia sudah mendapatkan lawan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Hal itu disampaikan Erick Thohir lewat laman resmi PSSI di tengah-tengah keikutsertaannya dalam Kongres FIFA di Rwanda.

“Saya sudah komunikasi dengan Presiden Federasi Sepakbola Palestina dan mereka sudah setuju untuk laga FIFA matchday pada tanggal 14 Juni 2023. Mereka juga sudah mengirim surat resmi ke PSSI tentang kesediaan untuk melakukan satu pertandingan laga,'' kata Erick Thohir.

“Jadi PSSI jauh-jauh hari sudah merencanakan untuk menjalani laga FIFA matchday. Ini yang benar. Nah komunikasi terus dilakukan oleh kesekretariatan PSSI untuk laga-laga selanjutnya. Jika sudah ada update pada laga lainnya, kami akan beritahukan,'' ujarnya menambahkan.

Nah, untuk diketahui, laga melawan Palestina pada FIFA Matchday Juni tersebut tak sama dengan laga melawan Burundi Maret ini. Sebab pertandingan melawan Palestina hanya dilangsungkan sebanyak satu kali saja. Bukan dua kali seperti Burundi atau Curacao (lawan dua kali Indonesia di FIFA Matchday 2022).

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Jadi, selain melawan Timnas Palestina, PSSI harus mencari satu lawan lagi agar di satu kalender FIFA Matchday Juni tersebut Marc Klok dkk bermain sebanyak dua kali.

Kabar baiknya, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menyebut PSSI tengah berupaya untuk mendatangkan juara bertahan Piala Dunia yakni Timnas Argentina. Lewat Kongres FIFA kemarin, Erick juga melakukan pertemuan dengan Federasi Sepak Bola Argentina.

“Ya Presiden FIFA yang lalu Gianni Infantino terpilih secara aklamasi itu sudah pasti. Tidak ada satu negara yang keberatan dan beliau terpilih lagi dan Pak Ketum (PSSI) berkomunikasi dengan beberapa federasi,” kata Zainudin Amali.

“Federasi nasional masing-masing dan beliau bahkan mengundang mungkin di FIFA Matchday bulan Juni itu ada tim Palestina akan main di kita (Indonesia). Dan yang sedang diusahakan adalah Argentina, itu mudah-mudahan,” ujarnya menambahkan.

Selain melakukan penjajakan untuk mencari lawan Timnas Indonesia, Erick juga berkesempatan menjalin kerjasama dengan beberapa federasi sepak bola seperti Jepang hingga Australia.

“Dengan Jepang dengan Saudi Arabia. Dengan Jepang komitmen akan membantu kita itu luar biasa,” tutup Amali.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment